RADAR JOGJA – Peran satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) terus ditingkatkan. Khususnya dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. Termasuk mengawal pelaksanaan Instruksi Gubernur DIY tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di DIY.

Upaya itu diwujudkan dengan pembinaan terhadap anggota Satlinmas di tingkat desa maupun kelurahan. Pembinaan itu diinisiasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satlinmas) DIY. “Kami berikan bimbingan teknis peningkatan kapasitas,” ungkap Kepala Bidang Linmas Satpol PP DIY Ilham Junaidi di Balai Kalurahan Trirenggo, Bantul, Selasa (16/3).

Bimbingan teknis itu diikuti sebanyak 35 anggota Satlinmas. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari agenda serupa di Sleman bulan lalu. Ilham menambahkan, dengan pembinaan itu diharapkan setiap anggota Satlinmas menjadi pemimpin penanganan Covid-19 di tingkat rukun tangga (RT).
“Kami mengajak peran aktif anggota Satlinmas dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan PPKM skala mikro di DIY,” kata pria asal Gantiwarno, Klaten ini.

Alumnus Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini menerangkan adanya satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 di bawah Satlinmas. Satgas berfungsi sebagai pengawas terhadap kegiatan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan (prokes).

Jika terjadi pelanggaran, maka kasusnya dilaporkan ke posko tingkat desa. Tak sekadar mengawasi, Satlinmas diharapkan juga memberikan edukasi ke masyarakat. Khususnya sosialisasi pentingnya disiplin terhadap prokes.
Kegiatan di Balai Kalurahan Trirenggo itu juga dihadiri Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto. Dia mengapresiasi pembinaan yang dilaksanakan dengan menerapkan prokes. “Peserta menggunakan masker dan sebelumnya cuci tangan. Tempat duduknya juga diatur, dengan jumlah terbatas dan berjarak,” pujinya.

Pembinaan ini untuk membekali setiap anggota Satlinmas dalam membantu penangangan Covid-19. Juga dalam penerapan PPKM skala mikro. Selain itu, dalam rangka memupuk sinergi dan keselarasan tugas.
“Antara Satlinmas dengan anggota TNI/Polri,” ujar Eko.
Ke depan ketua Komisi A ingin Satlinmas bisa lebih bekerja menjalankan beberapa tugas penting. Di antaranya, membantu pemerintah menyosialisasikan pentingnya disiplin menerapkan prokes.

Eko mengingatkan, Satlinmas punya fungsi mengadakan deteksi dan pencegahan dini terhadap berbagai kejadian di masyarakat. Anggota Satlinmas memiliki kemampuan membaca dinamika kondisi di lingkungannya.
Terkait adanya pelanggaran prokes dapat secepatnya dilaporkan ke lurah desa melalui jagabaya. Atau Babinsa TNI dan Bhabinkatmtibmas Polri. Dikatakan, selama PPKM skala mikro disiplin diberlakukan, angka penularan Covid-19 dapat ditekan.

Eko kembali mengungkapkan peran penting Satlinmas di masa pandemi ini. Dia juga berjanji terus mendorong Pemda DIY meningkatkan kesejahteraan anggota Satlinmas. Ditambah dukungan sarana dan prasarana yang memadai. (fat/kus)

DIJ