RADAR JOGJA – Beragam upaya dilakukan untuk meningkatkan okupansi perhotelan. Salah satunya berupa paket promo wisata bagi para tamu hotel. Paket-paket ini mulai marak dalam beberapa bulan terakhir.

Ketua DPD PHRI DIJ Deddy Pranowo Eryono menuturkan, para pengelola hotel terus mengolah ide kreatif. Salah satu paket promo yang ditawarkan adalah sepeda wisata. Paket ini mengajak tamu hotel untuk berwisata di Jogjakarta dengan bersepeda.

“Satu paket promo sepeda wisata sekarang baru ngetren. Itu yang kemarin mengangkat hotel-hotel di Jogjakarta. Dari luar datang ke sini hanya untuk bersepeda. Bersama keluarga atau komunitas,” jelasnya, Rabu (17/3).

Deddy menambahkan, untuk rute setiap hotel mengambil destinasi yang berbeda. Walau begitu tak menutup kemungkinan pengunjung memiliki rute sendiri. Walau begitu pendampingan tetap diberikan oleh pihak hotel menginap.

Dari rute yang ada, jalur menuju Nanggulan Kulonprogo menjadi terfavorit. Terbukti dengan tingginya minat wisatawan menuju lokasi tersebut. Untuk kemudian kembali ke hotel tempat menginap dengan rute yang sama.

“Kami memberikan rute yang ada, beberapa pilihan atau ada mereka yang sudah memiliki rute sendiri. Kebanyakan masih ke arah Nanggulan terus balik lagi ke Jogja,” tambahnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan pelaku bisnis sepeda dan lokasi wisata. Ini merupakan bagian dari paket wisata yang ditawarkan. Apabila tamu tak memiliki sepeda kayuh, maka pihak hotel akan menyediakan.

“Tetap ada yang mendampingi, semacam tour guide. Yang tidak bawa sepeda kita sediakan dengan kerja sama Jogja Bike,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menawarkan paket mice. Menyasar instasi swasta maupun pemerintah. Berupa penyediaan tempat dan fasilitas bagi pelatihan, sertifikasi dan lain-lain.

Pengalihan rapat lembaga pemerintahan juga berdampak signifikan. Deddy menuturkan saat ini agenda dapat rutin digelar di perhotelan. Imbasnya perputaran ekonomi di industri perhotelan tetap berjalan.

“Mulai satu bulan ini, sekitar 30 hingga 35 persen dari pendapatan itu mice. Mice kalau dari kementrian otomatis dengan kamar. Otomatis food atau makanan juga menambah pendapatan kami,” katanya.(dwi/sky)

Jogja Raya