RADAR JOGJA – Sebanyak 11.630 aparatur sipil negara (ASN) dan petugas pelayan publik mengikuti vaksinasi massal di Jogja Expo Center (JEC). Pelaksanaan vaksinasi berlangsung selama 5 hari, tepatnya 15 hingga 19 Maret. Penyuntikan ini merupakan vaksinasi tahap pertama.

Kepala Seksie Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan DIJ Agus Priyanto menuturkan, data penerima vaksin terus berubah. Sebab, ada penambahan bahkan pengurangan setiap waktunya. Perbaruan data dilakukan setiap waktu selama proses vaksinasi berlangsung.

“Berlangsung 5 hari hingga 19 Maret untuk dosis pertama. Kalau data memang dinamis, awalnya sekitar 11.200. Lalu terbaru sudah 11.630,” jelasnya ditemui di JEC, Senin (15/3).

Khusus untuk ASN tak hanya dari unsur Pemerintah Provinsi DIJ. Adapula ASN yang berasal dari organisasi pemerintah daerah (OPD) vertical. Khususnya para ASN pemerintah pusat yang berkantor di wilayah Jogjakarta.

Agus menuturkan, target vaksinasi kepada ASN di wilayah Jogjakarta mencapai sekitar 9.600 orang. Jumlah ini sudah termasuk para ASN dari OPD vertikal. Dia memastikan pendataan bagi para ASN akan terus bertambah.

“Masih akan bertambah, ini yang ASN vertical saja baru 32 instansi dari total sekitar 70 instansi yang ada. OPD vertikal itu seperti Bank Indonesia lalu beberapa balai Diklat Kementerian itu kan ada kantor di Jogjakarta. Semua kami ikutkan,” katanya.

Untuk pelayan publik terdiri dari berbagai unsur. Mulai dari dosen hingga satpam dan cleaning service kantor. Pertimbangannya adalah potensi terpapar Covid-19. Terlebih profesi-profesi tersebut bersinggungan dengan publik secara langsung.

Vaksinasi juga diikuti oleh 4 lembaga khusus. Termasuk diantaranya para pengageng dan abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pura Pakualaman. Tercatat hari ini ada 17 kerabat yang mengikuti vaksinasi.

“Kalau target per harinya 2.500 orang tervaksinasi. Khusus untuk Kraton dan Kadipaten baru putra ndalem, ada 17 putra ndalem baik dari Kraton dan Pakualaman. Kalau untuk abdi dalem nanti ada waktunya sendiri,” ujarnya.(dwi/ila)

Jogja Raya