RADAR JOGJA -Wahana rekreasi keluarga Taman Pintar Jogja mulai memperluas jangkauan Museum.  Berupa menyediakan layanan antar jemput wisatawan secara gratis untuk menarik minat pengunjung di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Layanan moda transportasi yang beroperasi sejak Februari 2021 itu bernama Bus Pintar. Pengunjung dapat menggunakan layanan ini sampai akhir bulan Maret.

Kepala Taman Pintar Kota Jogja Retno Yuliani menuturkan langkah ini sebagai upaya jempt bola. Sejatinya program ini tidaklah baru. Sebelumnya telah ada, hanya saja sasarannya adalah para pelajar Kota Jogja.

“Jadi untuk masa pandemi ini kami promokan lagi. Bus jemputan gratis ini bisa dinikmati masyarakat dengan catatan radius perjalanan tidak lebih dari satu jam. Lalu rombongan minimal 20 orang,” jelasnya, Jumat (12/3).

Mekanisme pendaftaran, cukup melakukan reservasi. Selanjutnya menyebutkan tanggal keberangkatan. Untuk tiket masuk Taman Pintar dipatok Rp 20 ribu per orang. Sementara untuk bus bebas dari biaya.

Retno tak menampik program ini sebagai upaya bangkit di tengah pandemi Covid-19. Selama satu tahun pandemi, Taman Pintar harus berjibaku keras. Terbukti dengan sangat rendahnya angka kunjungan dalam satu tahun terakhir.

“Untuk Taman Pintar ya prihatin juga. 2020 tingkat kunjungan turun 70 persen. Tapi ini mulai membaik. Weekend Sabtu Minggu sudah lumayan rata-rata bisa 600. Itu sudah alhamdulillah. Padahal dulu bisa 6.000 sampai 11.000,” katanya.

Upaya peningkatan kunjungan tak sebatas program. Pihaknya juga mengutamakan kesehatan para karyawan. Tak hanya melalui protokol kesehatan tapi juga vaksinasi.

Tercatat seluruh karyawan telah terdaftar dalam vaksinasi tahap 1. Untuk selanjutnya mengikuti tahap kedua pada 19 Maret. Hanya saja memang tidak semua lolos, ini karena ada 40 karyawan yang terkendala kesehatan.

“Tingkat kepercayaan diri juga makin meningkat setelah mayoritas pegawai mendapatkan vaksin. Memang ada 40 orang yang tensinya tinggi sebelum vaksin, tapi semuanya tetap disusulkan,” ujarnya.(dwi/sky)

Jogja Raya