RADAR JOGJA – Perangkat drone kini semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan. Salah satu yang sedang digandrungi adalah micro drone. Sebuah drone yang ukurannya kecil dengan kemampuan kecepatan terbang yang tinggi.

Salah satu penghobi micro drone, Ande Donan mengatakan micro drone sebenarnya sudah lama cukup dikenal di Indonesia. Ia sendiri menggeluti hobi tersebut terhitung sudah sejak setahun terakhir ini.

Pemuda asal Ngaglik Sleman ini menjelaskan, perangkat micro drone sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perangkat drone pada umumnya. Yang membedakan hanya dari segi ukuran dan kemampuan terbang. Micro drone bisa dibilang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan drone biasa. Besarnya tidak lebih dari ukuran telapak tangan dan lebih mirip seperti mainan

Namun dengan ukuran yang kecil tersebut, justru kemampuan terbang drone jenis ini lebih mumpuni. Khususnya dalam hal kecepatan dan manuver ketika terbang di udara.

“Micro drone bisa melakukan berbagai manuver seperti berputar dan terbang dengan cepat. Karena itu biasanya drone jenis ini diperuntukkan untuk balapan,” ujar pemuda asal Sleman ini.

Selain untuk balapan, lanjut Ande, perangkat micro drone juga bisa diperuntukkan seperti drone yang berfungsi sebagai alat perekam video. Hanya pada micro drone dibutuhkan kamera dengan ukuran yang lebih kecil.
Adapun kelebihan jika menggunakan micro drone sebagai alat perekam, yakni pada tingkat kecepatan dan aksesibilitas drone ketika berada di udara. Micro drone lebih memiliki kemampuan untuk mengejar obyek yang bergerak cepat.
“Contohnya untuk membuat video yang beraliran sport seperti atraksi sepeda atau motor cross,” terang Ande.

Untuk memulai hobi ini, Ande mengatakan memang butuh kemampuan khusus. Sebab seorang pilot micro drone harus bisa menguasai remote control yang menjadi kendali drone ketika terbang. Karena terkadang micro drone agak susah dikendalikan, dikarenakan memiliki kecepatan baling-baling yang lebih tinggi dari drone biasa.

Sementara untuk budget, ia menyatakan harga micro drone terbilang terjangkau dibandingkan drone biasa. Karena lebih banyak menggunakan material plastik dan biasanya perangkat tidak dibekali dengan kamera. Untuk micro drone yang paling murah berkisar antara 300 – 500 ribu. Kemudian yang mahal bisa sampai puluhan juta.”Harga micro drone tergantung dari jenis perangkat, kemudian kamera dan kemampuan jarak terbangnya,” ungkap Ande. (inu/bah)

Jogja Raya