RADAR JOGJA – Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti memastikan program vaksinasi juga akan menyasar para abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Hanya saja untuk waktu pelaksanaan belum bisa dipastikan. Upaya saat ini adalah dengan pendataan terlebih dahulu.

Diketahui bahwa hingga saat ini belum ada satupun abdi dalem yang masuk dalam program vaksinasi. Padahal para abdi dalem ini termasuk sebagai pendukung pariwisata. Selain itu beberapa diantaranya juga tergolong sebagai kelompok rentan khususnya lanjut usia.

“Iya para abdi dalam tetap kami prioritaskan. Segera stelag ini saya minta untuk Kominfo mengatur, menata, mengusahakan vaksin bagi abdi dalem. Sekarang baru akan melakukan pandataan,” jelasnya usai vaksinasi di RS Pratama Kota Jogja, Jumat (5/3).

Upaya pendataan akan melibatkan beberapa pihak. Terlebih data jumlah abdi dalem yang bertugas telah ada. Selanjutnya Pemkot Jogja akan menguatkan pendataan melalui UPT Kawasan Cagar Budaya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani memastikan para abdi dalem tetap mendapatkan vaksinasi.

Hanya saja tetap ada pemetaan calon penerima. Ini bertujuan agar vaksinasi tepat sasaran. “Abdi dalem untuk saat ini memang belum. Nanti pendataan langsung oleh UPT Kawasan Cagar Budaya untuk kemudian didaftarkan lagi ke Pusdatin,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Penghageng Parentah Hageng Keraton Ngayogakarta Hadiningrat KPH Yudahadiningrat mengakui belum ada pihak yang menghubungi pihak kraton. Dia berharap agar program pemerintah pusat ini juga merambah para abdi dalem. Pertimbangannya selain pendukung pariwisata juga beberapa adalah lansia.

Pria yang akrab disapa Romo Nur berterimakasih apabila program vaksinasi masuk ke benteng kraton. Menurutnya langkah ini dapat menjamin kesehatan para abdi dalem yang bertugas. Selain itu juga menjamin bahwa kraton tetap aman dikunjungi selama pandemi.

“Kalau abdi dalem dapat vaksin, kami terima kasih sekali. Pasti mereka siap, tapi memang sampai saat ini belum ada yang menghubungi ke kraton,” ujarnya.
Romo Nur menjelaskan bahwa bahwa kraton tak hanya memiliki abdi dalem lansia. Adapula yang bertugas pada bagian kepariwisataan.

Sosok inilah yang kerap menjaga sejumlah titik di wilayah kraton. Perannya sebagai guide bagi wisatawan yang datang.

“Semoga bisa terealisasikan, agar para abdi dalem lansia dan yang bertugas di bagian kepariwisataan nyicil ayem,” harapnya.(dwi/sky)

Jogja Raya