RADAR JOGJA- Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja Selasa (2/3) melakukan pemantauan terkait pemberitaan beberapa pot tanaman yang berada di pedestrian Kawasan Tugu Pal Putih yang sudah banyak rusak. Padahal, proyek tersebut baru diresmikan oleh Gubernur DIJ HB X pada Desember 2020.

Baharuddin Kamba Koordinator Forpi Kota Jogja mengatakan, “Dari hasil pemantauan Forpi Kota Jogja disekitar lokasi yang berada di selatan pedestrian Tugu Pall Putih, tepatnya berada dijalan Margo Utomo Kota Jogja  terdapat dua pot tanaman dari keranjang berwarna hijau yang rusak.

Forpi Kota Jogja,mengingatkan kepada Dinas PUPKP Kota Jogja agar dalam waktu yang tidak lama untuk melakukan koordinasi dengan pihak PUESDM Propinsi DIJ agar segera dilakukan perbaikan atau pergantian pot yang rusak,”katanya.

Kamba menambahkan, “Selain itu pula fungsi pengawasan dari legislatif dalam hal ini komisi C DPRD Kota Jogja sebagai mitra DPUPKP Kota Jogja  dijalankan secara maksimal. Jika diperlukan pengawasan dapat dilakukan di lokasi pengerjaan proyek di Kota Jogja,”ujarnya.

Buduhartanto,Tukang Parkir mengatakan, “ Bahwa penyebab dari rusaknya pot tanaman diakibatkan ditabrak kendaraan mobil sekitar satu tahun yang lalu. Kejadiannya sekira pukul 3 sore. Namun hingga kini belum diperbaiki atau diganti,”katanya.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja Umi Akhsanti menuturkan,”Proyek tersebut tahun 2018, yang pengerjaannya oleh Dinas PUESDM Propinsi DIJ. Bukan merupakan proyek pengerjaan oleh DPUPKP Kota Jogja,”ujarnya. (sky)

Jogja Raya