RADAR JOGJA – Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti berharap semua lansia di Kota Jogja mendapatkan vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Walau begitu diakui olehnya tak serta merta seluruh lansia bisa terjangkau. Terlebih atas ketersediaan vaksin yang diterima dari Kementerian Kesehatan.

Haryadi menuturkan total lansia di Kota Jogja mencapai 46 ribu. Sementara untuk jatah vaksin tahap kedua hanya 26 ribu. Artinya ada kekurangan yang cukup signifikan apabila menyasar seluruh lansia.

“Antara ketersediaan vaksin dan minat masyarakat itu kejar-kejaran. Minat masyarakat tinggi cuma masalahnya ketersediaan vaksin tersedia ada engga sesuai tahapan. Tahap kedua menerima 26 ribu vaksin,” jelasnya ditemui usai program vaksinasi di Benteng Vredeburg Jogjakarta, Senin (1/3).

Haryadi menyadari bahwa tak semua lansia bisa mendapatkan jatah vaksin. Terlebih ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Seperti kondisi kesehatan terkini hingga riwayat kesehatan selama ini. Terlebih jika lansia memiliki catatan kesehatan yang cukup kritis.

Walau begitu Haryadi memastikan pendaftaran vaksinasi bagi para lansia tetap berlanjut. Apabila terkendala akses internet dapat melalui RT dan RW. Pendaftaran dapat dilakukan secara offline dengan keterlibatan secara proaktif.

“Tentu tetap sesuai tahapan kesiapan melalui screening dulu. Ada tahap 1, 2, 3, lalu 4 baru suntik. Tidak serta merta langsung disuntik, karena vaksin didesain dan dibuat untuk orang yang absolutely sehat,” katanya.

Untuk vaksinasi tahapan kedua ini Pemkot Jogja melibatkan 280 tenaga medis. Terdiri dari dokter maupun vaksinator. Selain itu juga melibatkan 18 puskesmas, 11 rumah sakit dan 2 klinir milik Polri di Kota Jogja.

“Berharap tahap kedua ini lancar semua dan tidak ada kendala. Hingga saat ini belum ada laporan penolakan,” ujarnya.

Haryadi menambahkan, tak hanya lansia, program vaksinasi tahap kedua kali ini juga menyasar pekerja dan pelayan publik. Salah satunya adalah pedagang dan pelaku usaha di Pasar Beringharjo. Tercatat ada 19.980 pedagang yang terdaftar sebagai calon penerima vaksin Sinovac.

Khusus untuk tahapan kedua, Pemkot Jogja menargetkan rampung dalam 6 hari. Khusus untuk pelaksanaan vaksinasi di Pasar Beringharjo hari ini menyasar 3.200 pedagang. Seluruhnya terbagi di 3 titik di lingkungan Pasar Beringharjo.

“Hari ini khusus pedagang, pelaku usaha, kusir andong, pengemudi becak. Harapan kami bisa memproteksi dan melindungi mereka dan orang lain. Lebih jauh harapannya ekonomi lebih bangkit lagi,”tambahnya.(dwi/sky)

Jogja Raya