RADAR JOGJA- Vaksinasi massal Covid-19 akan digelar serentak di sepanjang kawasan Malioboro mulai Senin(1/3).

Ketua Komunitas Malioboro Slamet Santoso menuturkan,walaupun ada agenda vaksinasi yang akan dipantau Presiden Joko Widodo itu, komunitas Malioboro memastikan bahwa seluruh pedagang kaki lima (PKL) juga pertokoan akan beroperasi seperti biasa dan wisatawan tetap bisa berbelanja dengan nyaman di kawasan itu.

“Vaksinasi untuk PKL dimulai pukul 08.00 WIB, kami hanya akan tinggalkan lapak sebentar untuk ikut vaksin lalu jualan lagi, tidak ada libur,” ujarnya Minggu (28/2).

Slamet menambahkan, jatah vaksinasi pertama dari agenda vaksinasi menyasar para PKL sisi barat jalan Malioboro atau mereka yang biasa berjualan cinderamata. Totalnya yang ikut vaksinasi hari pertama sekitar 300 PKL baik dari Malioboro maupun jalan Margo Utomo (Mangkubumi).

Selama vaksinasi massal digelar lima hari atau sampai Jumat (6/3), ada  sekitar 9000 PKL baik dari Malioboro dan sekitarnya yang akan divaksinasi. Untuk PKL Malioboro sendiri terdata ada 2.800 PKL yang terhimpun dalam 14 komunitas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto mengatakan ada tiga titik pelaksanaan vaksinasi besok. Yakni Tempat Khusus Parkir Abu Bakar Ali, Beteng Vredeburg, dan Pasar Beringharjo. “Saat vaksinasi tidak ada rencana PKL akan libur, semua buka seperti biasa,” ujarnya.¬†(sky)

Jogja Raya