RADAR JOGJA – Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Mahatma Sotya Bawono menjelaskan, pulihnya kemampuan penciuman pada pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beragam.

Anosmia,bisa sembuh dari harian bahkan hingga hitungan bulan. Bahkan dalam beberapa kasus, anosmia bersifat permanen.

Terkait penyebab, pihaknya masih mendalami lebih jauh. Hanya saja menurut hasil kajian, anosmia memang memiliki efek yang cukup lama. Walau begitu mayoritas kasus tertangani tetap bisa pulih.

“Ada yang bisa pulih dari anosmia, tetapi ada yang menetap atau tidak pulih. Namun sejauh ini lebih banyak yang pulih,” jelasnya saat dihubungi Jumat (26/2).

Boni menambahkan, ada pasien Covid-19 yang ditanganinya lama pulih dari anosmia. Hingga dua bulan pasca terjangkit Covid-19 tak kunjung menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Sehingga indera penciuman benar-benar tidak berfungsi.

“Salah satu pasien saya ada yang sampe 2 bulan pasca Covid-19 tidak juga pulih. Jadi proses pulihnya indera penciuman masing-masing pasien memang berbeda,” tambahnya.

Disatu sisi, diakui olehnya belum ada panduan standar untuk pemulihan fungsi indera penciuman bagi pasien Covid-19. Walau begitu, dia tetap menyarankan adanya terapi atau latihan. Langkah ini menjadi stimulus agar indera penciuman menjadi peka kembali.

Cara yang dilakukan cukup sederhana. Berupa pengenalan kembali berbagai macam aroma kepada indera penciuman. Mulai dari aroma lemon, minyak atsiri, kopi, dan aroma lainnya.

“Penggunaan aroma-aroma tersebut dapat untuk melatih penciuman. Berhasil tidaknya ini tentu tergantung dari derajat kerusakannya,” ujarnya.

Boni berharap pasien Covid-19 benar-benar melakukan latihan penciuman. Dia menegaskan bahwa indera penciuman sangatlah penting bagi tubuh manusia. Sebab bisa berdampak pada kualitas hidup seseorang.

“Kalau tidak bisa menghirup, nanti aroma makanan juga tidak bisa tercium dan ini dapat menurunkan selera makan.Dalam jangka panjang bisa memengaruhi kualitas hidup,” katanya.(dwi/sky)

Jogja Raya