RADAR JOGJA – Tiga bupati masa jabatan 2021-2026 resmi dilantik oleh Gubernur DIJ, Jumat (26/2). Bertempat di Kepatihan, pelantikan dilaksanakan secara serentak. Masing-masing kepala daerah tersebut menyiapkan beberapa hal selama masa pemerintahannya.

Salah satunya, Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Sunaryanta-Heri Susanto menyiapkan kendaraan dinas yang lain dari yang lain. Mobil Maung menjadi pilihan mereka. Kendaraan ini diklaim cocok dengan medan di Gunungkidul. ”Yang terpenting mencintai produk dalam negeri,” ujarnya ditemui usai pelantikan.

Ditanya tentang fokus pemerintahannya, Sunaryanta mengungkapkan akan lebih konsern dalam pemulihan ekonomi dan pariwisata. Sedangkan dalam penanganan Covid-19, dia akan mengikuti instruksi pusat

Hal senada diungkapkan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Mereka mengungkapkan, pemulihan ekonomi dan penuntasan Covid-19 sebagai fokus utama. Abdul Halim Muslih menargetkan Bantul sebagai kabupaten kreatif internasional. Sementara Kustini Sri Purnomo mengungkapkan selain fokus pada penanganan Covid-19, juga  waspada dengan aktivitas Gunung Merapi. Dia juga berencana menggerakkan UMKM setelah vaksinasi nasional usai.

Terpisah, Gubernur DIJ berpesan untuk memanfaatkan APBD untuk pemulihan ekonomi dan penuntasan pandemi. Dia juga berpesan supaya masyarakat menghilangkan sekat akibat pemilihan umum. Selain itu, dia juga berpesan berbagai elemen untuk membantu tugas-tugas bupati dalam pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19. (om1/ila)

Jogja Raya