RADAR JOGJA- Pemda DIJ memastikan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di tiga kabupaten yakni Sleman, Bantul dan Gunungkidul akan dilaksanakan pada akhir Februari 2021.

Sekprov  DIJ  Kardamanta Baskara Aji menuturkan , setelah berkonsultasi dengan Kemendagri, Pemda DIJ diperkenankan melaksanakan pelantikan bupati dan wakil bupati lantaran tidak adanya sengketa Pilkada di wilayahnya. Pelantikan akan dipimpin langsung oleh Gubernur DIJ HB X.

“Untuk tanggal pastinya, saya tidak tahu, tetapi disebutkan pelantikan pada akhir bulan Februari 2021,” katanya  Selasa (23/2).

Terkait mekanisme pelantikan, Aji menjelaskan,” Bahwa diberlakukannya penerapan Pembatasan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIJ, menjadikan pelaksanaan pelantikan diselenggarakan secara virtual.

Bisa dilaksanakan di Bangsal Kepatihan  secara terbatas dengan hanya dihadiri bupati dan wakil bupati serta Ketua PKK, maupun secara penuh di wilayah masing-masing.

Pihaknya ingin pelantikan tidak menimbulkan kerumunan serta mengantisipasi hadirnya massa pendukung calon terpilih saat pelantikan berlangsung,”jelasnya. (sky)

Jogja Raya