RADAR JOGJA – Sejumlah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh rute dari dan ke Jakarta dibatalkan. Kebijakan ini merupakan imbas dari cuaca ekstrim di wilayah tersebut. Salah satunya adalah terendamnya ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan KM 53+600 dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Genangan banjir tak hanya membuat jalur rel tergenang. Beberapa pondasi batu balas pada rel juga tergerus air. Alhasil kekeuatan cengkeram rel pada tanah melemah.

“Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air,” jelas Manager Humas PT. KAI DAOP  6 Jogjakarta Supriyanto, Minggu (21/2).

Supriyanto menambahkan, atas kondisi sejumlah rute perjalanan jadwal keberangkatan Minggu (21/2) terpaksa dibatalkan. Termasuk rute jarak jauh yang melalui Jogjakarta. Terutama rute yang berangkat atau berhenti dari dan ke Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Untuk rute dari Pasar Senen yang melalui Daop 6 terdapat KA Jayakarta jurusan Surabaya Gubeng. Untuk rute menuju Pasar Senen terdapat KA Progo, KA Senja Utama, KA Singasari, KA Jayakarta dan KA Bengawan.

Sementara untuk rute dari Stasiun Gambir terdapat KA 76A Bima tujuan Surabaya Gubeng, KA 72A Gajayana tujuan Malang dan KA 8A Argo Lawu tujuan Solo Balapan. Lalu tujuan Stasiun Gambri terdapat KA Bima, KA Gajayana dan KA Argo Dwipangga.

“Semua rute tersebut diatas dibatalkan. Baik pemberangkatan sore atau malam hari ini,” tambahnya.

Supriyanto menjamin seluruh tiket tetap bisa dikembalikan. Calon penumpang juga mendapatkan kembali uang pembelian tiket sebesar 100 persen. Pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

“Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen. Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_,” ujarnya. (dwi/sky)

Jogja Raya