RADAR JOGJA – Pemprov DIJ mengklaim angka pasien positif Covid-19 di wilayahnya terus mengalami penurunan pasca-pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM). Gubernur HB X menyebut, angka kesembuhan pasien positif korona rata-rata lebih tinggi dibandingkan angka penambahan kasus harian.

Hal ini membuat beban 27 rumah sakit rujukan Covid-19 untuk menampung pasien yang terinfeksi virus korona di DIJ semakin berkurang. Gubernur mengungkapkan, tingkat ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 saat ini sebesar 59,65 persen dari total tempat tidur yang disediakan sebanyak 910 bed.
Pada pekan pertama kebijakan PTKM yakni 1 hingga 25 Januari 2021, terdapat 4.800 kasus positif baru yang dilaporkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIJ. Sedangkan jumlah kasus sembuh tercatat sebanyak 3.247 kasus.
Pada PTKM periode itu rekor penambahan kasus positif harian di DIJ justru terjadi penambahan. Yakni pada 22 Januari 2021 dengan penambahan 478 kasus positif. Selama tiga hari, penambahan kasus positif juga sempat menyentuh angka di angka 400 kasus.

Kemudian pada PTKM jilid dua sepanjang 26 Januari hingga 8 Februari 2021, total kasus terkonfirmasi pekan itu sebesar 4.025 kasus atau mengalami penurunan sebesar 16,14 persen. Adapun angka kesembuhan tercatat 3.906 kasus atau meningkat 20,29 persen bila dibandingkan PTKM periode pertama.
Lebih jauh terkait pengadaan Posko Satgas Covid-19 hingga tingkat RT, HB X menilai pihaknya tidak menemui masalah dalam realisasinya. Pasalnya, di awal pandemi masyarakat sempat mendirikan posko itu secara sukarela.
“Sejak awal pengadaan posko sudah ada dari tingkat provinsi sampai tingkat terendah, yakni padukuhan,” imbuh HB X saat rapat evaluasi PTKM Mikro belum lama ini.

Ia menegaskan, meski saat ini kondisi jumlah pasien terus menurun, DIJ tetap akan menjalankan perlakuan penanganan Covid-10 yang sama di seluruh daerah. Ini agar kondisi wilayah zona hijau statusnya tidak berubah menjadi oranye atau merah.

“Di DIJ masih zona merah di dua kabupaten dan tiga lainnya cenderung oranye. Semoga hari-hari yang akan datang semakin baik lagi,” ungkap bapak lima puteri yang juga raja Keraton Jogja ini.
Sementara itu, Juru Bicara Pemprov DIJ untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih memberikan kabar terbaru mengenai perkembangan penularan virus korona di DIJ. Dalam info Jumat (12/2) petang, ada penambahan kasus positif sebanyak 278 kasus.

Dengan demikian saat ini total kasus positif di DIJ sudah menyentuh angka 24.812 kasus. Penambahan kasus sembuh juga tidak kalah banyak kemarin. Total ada 174 kasus sembuh baru. “Saat ini kasus sembuh secara keseluruhan mencapai 18.053 kasus,” ujar Berty.
Untuk kasus meninggal bertambah delapan kasus, sehingga total mencapai 575 kasus. (kur/laz)

Jogja Raya