RADAR JOGJA – Bantuan logistik seberat 9 ton diberangkatkan ke Kalimantan Selatan oleh TNI AU Adisutjipto Rabu (27/1). Bantuan tersebut terkumpul dari masyarakat Jogjakarta dan gabungan dari ikatan keluarga pelajar mahasiswa (IKPM) Jogjakarta.

Ketua Umum Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS) Jogjakarta Ronald Hendrawan menjelaskan bantuan terkumpul seberat 9 ton dihimpun dari donasi berbagai pihak. Baik relawan yang langsung turun ke jalanan hingga masyarakat yang memberikan bantuannya ke asrama IKPM. “Banyak IKPM yang turut membantu menyebarkan informasi bantuan dan memberikan bantuan,” kata Ronald Rabu (27/1).

Bantuan terkumpul mulai dari pakaian, popok bayi, logistik kebutuhan sehari-hari hingga uang tunai. Nantinya, bantuan yang dikirimkan akan disebar ke 8 titik. Diantaranya, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin dan Barito Kuala. “Kami sudah koordinasikan dengan pengurus dan pihak terkait disana,” lanjutnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI M. Yani Amirullah menuturkan bantuan yang dikirimkan ke Kalsel menggunakan angkutan udara jenis pesawat C-130 milik TNI AU. Tidak hanya membatasi pendistribusian bantuan ke Kalsel, nantinya TNI AU Adisutjipto juga akan turut membantu mengangkut bantuan sosial ke wilayah lain yang saat ini ditimpa musibah. “Masih ada beberapa bantuan yang kami komunikasikan dengan pihak Mabes TNI untuk pengangkutan,” tuturnya.

Pengangkutan bantuan akan menggunakan pesawat angkut lainnya seperti CN235 dan CN295. Menyesuaikan rute dan penggunaan pesawat dari TNI AU. “Dengan personel yang dikerahkan dari TNI AU Adisucipto dan Hanud Pashkas Adisutjipto,” bebernya. (eno/bah)

Jogja Raya