RADAR JOGJA – Rekor penambahan kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jogjakarta kembali terjadi. Tercatat hari ini terdapat 456 kasus baru. Sehingga akumulasi total kasus positif Covid-19 di Jogjakarta mencapai 18.258 kasus.

Rekor baru ini meninggalkan jauh rekor kasus sebelumnya. Tercatat rekor sebelumnya terjadi 8 Januari 2021 dengan 379 kasus. Penambahan kasus ini tentu menjadi catatan penting bagi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ.

“Detil sebaran kasusnya adalah Bantul terbanyak dengan 182 kasus, Sleman menyusul dengan 179 kasus. Lalu Kota Jogja dengan 61 kasus, Kulonprogo dengan 20 kasus dan Gunungkidul dengan 14 kasus,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtiningsih, Kamis (21/1).

Uniknya Jogjakarta sempat mendapatkan predikat penurunan kasus Covid-19 selain Banten. Tepatnya setelah pemberlakuan kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Apresiasi ini diberikan oleh pemerintah pusat atas upaya menekan lonjakan kasus.

Berty tak menampik fenomana cukup unik. Walau begitu diakui olehnya angka kasus di Jogjakarta sempat menurun. Tepatnya setelah kebijakan PTKM berlaku efektif sejak 11 Januari. Kebijakan ini sendiri berlaku hingga 25 Januari.

“Memang selama minggu kemarin dibandingkan minggu sebelumnya mengalami penurunan. Kalau hari ini meningkat tajam ya berarti memang kita semua belum optimal untuk disiplin protokol kesehatan,” katanya.

Berty menambahkan, kebijakan PTKM sendiri merupakan adaptasi dari pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bedanya kebijakan milik pemerintah pusat ini berlaku untuk seluruh wilayah di Jawa dan Bali. Jogjakarta dianggap mampu menekan angka kasus sebanyak 5 persen.

“Kebijakan ini hanyalah sebatas regulasi. Peran terpenting ada di masyarakat dan seluruh komponennya. Dengan sadar dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” tambahnya.

Berty juga turut menjabarkan detil penambahan 456 kasus. Detilnya sebanyak 259 kasus adalah tracing kontak erat. Sebanyak 126 kasus adalah hasil periksa kesehatan mandiri. Hasil screening karyawan sebanyak 2 kasus dan 1 kasus pelaku perjalanan. Adapula 68 kasus masih dalam penelusuran.

Selain itu adapula laporan kesembuhan pasien Covid-19. Tercatat ada 206 pasien dinyatakan sembuh hari ini. Sehingga akumulasi pasien sembuh menjadi 12.053 kasus.

“Kami juga malaporkan ada sembilan pasien meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga total kasus meninggal menjadi sebanyak 417 kasus,” katanya.(dwi/sky)

Jogja Raya