RADAR JOGJA – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jogjakarta menerima bantuan satu unit mobil laboratorium dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. Mobil ini akan bergerak di daerah yang banyak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Kepala BBTKLPP Jogjakarta Irene menuturkan bantuan unit sangat membantu. Terlebih pihaknya tak hanya memeriksa sampel Covid-19 dari Jogjakarta. Sampel pasien Covid-19 asal Jawa Tengah juga diperiksa di instansi laboratorium ini.

“Dengan mobilitas lebih tinggi karena tentunya dapat menyasar ke beberapa tempat. Bisa membantu pelayanan di wilayah layanan BBTKLPP baik di Jogjakarta maupun Jawa Tengah,” jelasnya, Rabu (6/1).

Walau begitu unit laboratorium bergerak ini tidak langsung operasional. Pihaknya masih melengkapi fasilitas pendukung. Terutama yang terkait dengan pemeriksaan sampel Covid-19.

Irene menargetkan mobil laboratorium dapat operasional penuh pertengahan Januari. Terkait mobilitas bergantung pada kajian sebaran kasus. Terutama wilayah yang memiliki lonjakan kasus tinggi.

“Mobil akan ke daerah dimana ada lonjakan kasus Covid-19. Sampel yang diterima oleh mobil akan langsung diproses. Sehingga hasil akan didapatkan dalam waktu yang relatif singkat,” katanya.

Walau begitu fungsi mobil laboratorium bergerak tak hanya khusus bagi kasus Covid-19. Tenaga medis juga dapat memeriksa beragam jenis penyakit. Seperti tuberculosis, demam berdarah dan sampel penyakit lainnya.

“Bisa kok memeriksa sampel lain, tapi dalam kondisi saat ini lebih fokus ke Covid-19. Kalau kapasitas bisa melakukan pemeriksaan sebanyak 96 sampel per kali jalan. Tergantung berapa kali jalan pemeriksaannya,” ujarnya.(dwi/sky)

Jogja Raya