RADAR JOGJA – Pemeriksaan terhadap orang-orang yang diduga terkait korupsi proyek renovasi Stadion Mandala Krida Jogja tahun anggaran 2016-2017, jalan terus. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Edy Wahyudi, mantan kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIJ.

Selain Edy Wahyudi, muncul nama baru yang kini telah dipanggil dan diperiksa oleh KPK di Jakarta. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyampaikan, KPK kemarin (11/12) telah memanggil pihak swasta yang menjadi penyedia jasa atau konsultan teknik untuk dilakukan pemeriksaan. “Kami kembali memanggil Edy Wahyudi, mantan kepala BPO dan seorang lagi untuk pemeriksaan lanjutan di gedung KPK,” katanya Jumat.

Sebelumnya, Edy Wahyudi telah menjalani pemeriksaan oleh KPK pada Senin (23/10 lalu. Kala itu Edy diperiksa sebagai saksi atas tugas dan wewenangnya dalam pelaksanaan pembangunan Stadion Mandala Krida. Dalam proses renovasi stadion itu, Edy bertugas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Sementara nama Sugiharto, merupakan tambahan saksi terbaru yang diperiksa KPK dalam dugaan kasus tindak pidana korupsi renovasi Stadion Mandala Krida. “KPK sedang bekerja, tunggu saja hasilnya,” tegas Ali Fikri.

Diketahui, KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi renovasi Stadion Mandala Krida ini. Namun, KPK masih enggan mengungkap siapa tersangka dalam kasus ini.

Hal itu sesuai kebijakan baru pimpinan KPK di bawah Firli Bahuri dan kolega. Di mana dalam mengumumkan penetapan tersangka akan dilakukan setelah proses penangkapan dan penahanan.

Sebelumnya, tim penyidik KPK juga telah memeriksa mantan Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Wijaya Karya (Wika) Novel Asryad yang kini menjabat Dirut PT Pembangunan Perumahan (Persero). Selain itu ada delapan saksi lainnya yang sudah dipanggil KPK, yakni para PNS di Bappeda Jogjakarta, Gustik Lestarna; Ketua Pokja Pembangunan Stadion Mandala Krida tahun 2016 dan 2017, Dedi Risdiyanto.

Kemudian ada dua pihak swasta, Erwin Alexander dan Hery Kristiyanto; PNS pada Setda Jogja, Joko Susilo; Dirut PT Citra Prasasti Konsorindo Irfan Fikri Aulia; PNS pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jogjakarta Sumitro Yuwono; serta staf CV Reka Kusuma Buana Sigit Susilo Abriansyah. (kur/laz)

Jogja Raya