RADAR JOGJA – Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) resmi memperkenalkan pelatih anyar. Dia adalah David Singleton yang dikontrak untuk menghadapi Indonesian Basketball League (IBL) musim depan. Pelatih asal Amerika itu dijadwalkan tiba di Kota Gudeg dalam waktu dekat ini.

Presiden BPJ Edy Wibowo menjelaskan alasan penunjukan Singleton karena eks pelatih Pasific Caesar, Surabaya, itu punya catatan kepelatihan apik di sejumlah negara. Seperti Selandia Baru, Vietnam, dan Indonesia.

“Harapannya nanti kombinasi Singleton-Bima Perkasa berdampak ke perbasketan tanah air. Selain itu, prestasinya tidak perlu diragukan lagi,” ujar Edy  (27/11).

Selain catatan mengesankan, Singleton juga dinilai punya visi yang sama dengan BPJ. Yaitu keseriusan dalam pengembangan talenta muda. “Kami serius untuk mengembangkan pemain muda yang dimulai dari akademi. Terlebih Singleton juga bersedia turun ke sekolah-sekolah,”  katanya.

Dia melanjutkan, Singleton mau menjadikan tim ini dikenal sebagai tim kompetitif yang ngotot tiap pertandingan dengan game plan enak untuk disaksikan. Sebagai informasi, Singleton adalah sosok di balik kesuksesan Saigon Heat menjuarai Vietnam Basketball Association (VBA) pada musim 2019.

Selama tiga musim mengarsiteki Saigon Heat, Singleton mencetak banyak rekor fantastis. Di antaranya mencatatkan rekor kemenangan, memecahkan rekor musim tunggal untuk tembakan tiga angka dalam pertandingan musim reguler, dan memecahkan rekor untuk tiga tembakan.

Sebelum bergabung dengan Saigon Heat, Singleton menjabat pelatih kepala dan manajer umum Can Tho Catfish. Selain itu dia juga sosok yang membuat kapten Timnas Selandia Baru Mika Vukana menjadi pebasket yang diperhitungkan di Asia Pacific saat menangani The Nelson Giant tahun 2015. (ard/laz)

Jogja Raya