RADAR JOGJA – Di kepengurusan baru periode 2020-2023, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY berkomitmen meningkatkan kompetensi jurnalis media online. Ketua AMSI DIY Anton Wahyu Prihartono menjelaskan, pihaknya akan mendorong para jurnalis agar lulus uji kompetensi.

“Ini untuk meningkatkan kredibilitas media online agar bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya saat ditemui usai Konferensi Wilayah II, Senin (30/11) di The Atrium Hotel.

Pemimpin Redaksi harianjogja.com ini terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua AMSI DIY dan Pemimpin Redaksi Radar Jogja Digital Reren Indranila terpilih sebagai Sekretaris. Sedangkan Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi (BPPO) yang terpilih di antaranya Octo Lampito (Pemred KRjogja.com), Putut Wiryawan (Pemred Koranbernas.id), dan Heri Purwata (Jognews.com).

Peningkatan kompetensi jurnalis ini, lanjut Anton, nantinya sejalan dengan upaya menyajikan produk media yang kredibel di hadapan pembaca. Selain itu, AMSI DIY juga mendorong perusahaan media untuk terverifikasi dewan pers agar mendapatkan kepercayaan publik.

Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Pusat, Sapto Anggoro yang juga merupakan CEO Tirto.id menambahkan, media perlu memiliki karakter dengan tetap mempertahankan kredibilitas.

“Yang dicari adalah soal kredibilitas. Brand yang kuat akan menjadi media yang berkarakter, punya kredibilitas tidak sekedar membiarkan hoax atau ujaran kebencian,” jelasnya. (asa/tif)

Jogja Raya