RADAR JOGJA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIJ menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) II pada Senin, 30 November 2020. Bertempat di The Atrium Hotel and Resort Jogjakarta, Konferwil II AMSI DIJ ini untuk memilih pengurus baru.

Ketua AMSI DIJ Anton Wahyu Prihartono mengatakan, konferwil ini selain memilih pengurus baru juga menjadi langkah untuk mengadvokasi dan penguatan kapasitas media siber di DIJ. Dia menjelaskan, saat ini ada sebelas media yang tergabung dalam AMSI DIJ.

”Diakui belum semua media siber di DIJ terverifikasi di Dewan Pers. Belum semua jurnalis yang bekerja di media siber di DIJ mendapatkan sertifikasi. AMSI DIJ akan memfasilitasi hal tersebut. Harapannya media siber di DIJ terverifikasi Dewan Pers,” jelasnya, Minggu (29/11).

Menurutnya, tantangan saat ini bagi media siber cukup berat. Salah satunya dalam memerangi hoaks. Dengan begitu, diperlukan satu langkah bersama untuk menyajikan berita yang terverifikasi, cover both side, penting dan menarik bagi pembacanya.

Anton mengungkapkan, dalam Konferwil II nanti dibuka oleh Gubernur DIJ Hamengku Buwono X. Memang dalam membuka konferwil tidak dilakukan secara langsung, namun dilakukan secara virtual. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

“Sebab jumlah peserta konferwil memang dibatasi karena kondisi pandemi ini. Meski begitu, harapannya tidak mengurangi esensi Konferwil II AMSI DIJ,” tutur Anton yang juga menjabat sebagai Pemred Harian Jogja ini. (*)

Jogja Raya