RADAR JOGJA – Kenaikan harga bahan pokok turut diakui oleh Kepala Dinas Perdagangan (Dinper) Bantul Sukrisna Dwi Susanta. Berdasar pengawasan di Pasar Imogiri, Pasar Niten, Pasar Bantul, Pasar Piyungan, dan Pasar Pijen, kenaikan harga bahan pokok disebutnya tidak signifikan. “Menjelang akhir tahun, harga komoditas naik, tapi tidak signifikan. Jadi tetap kondusif,” ucapnya ditemui saat berkunjung ke Pasar Imogiri, Selasa (24/11).

Dari hasil pengawasan Dinper di lima pasar besar di Bantul, dilaporkan, cabai merah keriting mengalami kenaikan sekitar Rp 4 ribu rupiah, dari Rp 18 ribu menjadi Rp 25 ribu. Bawang merah berkualitas bagus, dari Rp 31 ribu menjadi Rp 35 ribu. Sementara yang berkualitas sedang naik dari Rp 26 ribu menjadi Rp 33 ribu. “Bawang putih hampir sama,” sebutnya.

Selain itu, harga telur turut mengalami kenaikan, dari Rp 20 ribu menjadi Rp 23 ribu per kilo gram. Harga daging ayam broiler dari Rp 28 ribu, kini mencapai Rp 31 ribu. Namun, harga daging disebutnya stabil. “Kualitas I tetap Rp 120 ribu,kalau yang biasanya Rp 110 ribu,” ucapnya.

Kendati begitu, Sukrisna memastikan kebutuhan bahan pokok di Bantul sampai akhir tahun aman. Bahkan komoditi beras, disebutnya surplus. “Kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru, alhamdulilah, tercukupi dan aman. Beras masih stabil, di kisaran Rp 9.100, yang medium Rp 10.200. Seluruh kebutuhan pokok yang kami pantau di lima pasar tercukupi dan aman,” tegasnya.

Dinper pun berupaya menekan kenaikan harga bahan pokok. Dengan melakukan operasi pasar. Operasi sudah dilakukan dua kali di bulan ini. pada tanggal 10 November dan 20 November. “Untuk menekan harga agar tidak naik dan menciptakan stabilitas harga,” kata dia.

Sedangkan Penjabat Bupati Bantul Budi Wibowo menilai harga kebutuhan pokok masih relatif stabil. Dikatakan pula, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berkoordinasi dengan tim penanggulangan inflasi daerah. “Mana yang menjadi inflasi akan kami atasi,” sebutnya. Budi justru mengungkap, produk bawang merah dan putih di Bantul over supply. (*/cr2/bah)

Jogja Raya