RADAR JOGJA – Pembangunan jembatan Gembira Loka atau GL Zoo telah selesai 100 persen. Rencananya akan diuji coba pada awal Desember mendatang. Kepala Bidang Binamarga Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja Umi Akhsanti menjelaskan, uji coba proyek yang dimulai sejak 2019 tersebut tinggal menunggu koordinasi dengan Dinas Perhubungan DIJ dan Kota Jogja. Saat ini masih ada sedikit pembebahan pada bagian rambu lalu lintas.

“Kami tinggal menunggu Dishub, masih ada sedikit penyempurnaan saja. Setelah itu siap kita uji coba untuk masyarakat dapat melintas,” jelasnya, Jumat (20/11).

Jembatan Gembira Loka di Jalan Kusumanegara yang melintang di atas Sungai Gajah Wong merupakan penghubung antara Kota Jogja dengan Kabupaten Bantul bagian utara tepatnya Kecamatan Banguntapan.

Konstruksi baja dan beton dibangun kokoh, bagian trotoar pejalan kaki telah selesai dipasang konblok dan guiding block bagi tunanetra.

DPUPKP menjamin kekuatan jembatan dapat dilintasi oleh seluruh jenis kendaraan.

“Kekuatan jembatan sudah kami perhitungkan, semua jenis kendaraan dapat melintasinya. Karena pertimbanganya jembatan ini selalu dilewati bis wisata dan truk pengangkut logistik,” ungkap Umi. (sky/tif)

Jogja Raya