RADAR JOGJA – Sepuluh kepala keluarga (KK) di RT 25 RW 04, Kampung Sidomulyo, Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo terancam kehilangan rumah jika wilayah mereka dilanda longsor. Hujan deras yang melanda pada Minggu malam (15/11) mengakibatkan tanah tergerus dan air hujan masuk ke dalam rumah warga.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi meminta pemerintah kecamatan dan kelurahan setempat menyusuri kawasan sehabis hujan deras. Ditemukan beberapa titik rawan longsor karena adanya rongga-rongga dari rumah tikus.

“Hingga sekarang memang belum ada yang berakibat fatal. Tetapi sudah ada penurunan permukaan tanahnya yang tergerus,” jelasnya, ditemui di sela Launching Kampung Tangguh Nusantara Sekar Jambu Kelompok Tani Bener, Tegalrejo, Senin (16/11).

Hari ini, lanjut Heroe, petugas setempat akan berkeliling dan memonitor lingkungannya. Dari sisi visual fisik tampak tidak bermasalah. Namun saat hujan agak deras, terlihat rongga-rongga rumah tikus yang ambles. 

Saat ini, baru akan dilakukan penghitungan dan antisipasi. Termasuk jika ada tempat-tempat yang mengancam keselamatan warga, harus dikosongkan.

“Terkait pemberian talud, kita harus melihat dulu. Kami akan menunggu hasil evalusianya, apakah perlu memberikan bronjong untuk menahan tanah. Kami sudah memintanya,” kata Heroe. (sky/tif)

Jogja Raya