RADAR JOGJA – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Gelombang II tahap delapan di Kantor Pos Besar Jogjakarta akhirnya rampung Senin (16/11).

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum sempat mengambil bantuan pada hari yang sudah ditentukan, masih diberikan waktu hingga 9 Desember 2020. Terhitung satu bulan sejak awal tanggal penyaluran BST tanggal 9 November lalu.

Kepala Kantor Pos Besar Jogjakarta Arif Yudha Wahyudi saat ditemui membenarkan bahwa Kantor Pos terdekat masih melayani penyaluran BST tahap delapan. Kesempatan tersebut, lanjut Arif, diberlakukan untuk KPM yang memang saat jadwal resmi berlangsung sedang bepergian keluar kota atau berhalangan karena sesuatu yang tidak bisa ditinggallkan.

Untuk syarat pengambilan BST, Arif mengatakan masih sama. Yakni data keluarga seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) harus sama, lalu foto KTP cocok dengan data yang ada. Bila tidak sesuai KK, BST tidak akan bisa dibayarkan.

“Sebab, sasaran penerima manfaat BST ini memang keluarga. Jadi hak mengambil ada pada keluarga tersebut. Misal Ayah ndak bisa ya ibunya, ibunya ndak bisa ya anaknya sesuai dengan KK yang tertulis,” jelasnya.

Arif berharap pengambilan BST jangan sampai melebihi batas akhir tanggal yang sudah ditentukan. “Tentu ada alasanya, ada target dari Pemerintah untuk segera merampungkan penyaluran BST ini di bulan Desember. Pastinya BST tahap sembilan sudah menanti,” katanya.

Lebih lanjut, Arif mengungkapkan, penyaluran BST tahap delapan sejumlah Rp 300 ribu itu sukses. Menurutnya, daya serap BST mencapai 98 persen. Sedangkan 2 persen sisanya tidak bisa disalurkan karena penerima manfaat meninggal dunia dan tidak ada ahli warisnya. (*/om1/ila)

Jogja Raya