RADAR JOGJA – Gerakan 30 September atau lebih dikenal G30S PKI meledak di tahun 1965. Kala itu banyak pahlawan gugur dalam upaya mempertahankan keutuhan bangsa. Namun di Gunungkidul, masih ada veteran yang masih sehat walau usia sudah renta.

GUNAWAN, Gunungkidul, Radar Jogja

TEPAT di Hari Pahlawan 10 November 2020 lalu suasana jalan menuju kediaman Sukijan, warga Kajar, Karangtengah, Wonosari, nampak lengang pagi itu. Tempat tinggal salah seorang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) 1989 itu berada di gang sempit.

Untuk sampai tepat di depan rumahnya, hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki atau kendaraan roda dua. Namun tidak begitu sulit menemukan alamat bapak ini, karena namanya cukup familiar, terutama bagi penduduk setempat.
“Maju lalu belok kiri lurus, ke kanan Mas. Itu lho Mas dekat,” ucap tetangga Sukijan dengan ramah. Sesuai dengan petunjuk arah ibu tadi, Radar Jogja bergegas menuju lokasi. Kedatangan koran ini disambut seorang perempuan paruh baya. Ia adalah Romlah, tak lain istri Sukijan.

Tak jauh dari Romlah, ada seorang kakek sedang menggergaji kayu. Dialah veteran tahun 60-an, Sukijan. Dia buru-buru menghentikan aktivitas lalu mendekat. Sang istri menyarankan agar wawancara dilakukan dengan teknik nada tinggi. “Maaf, pendengaran bapak mulai terganggu,” ucapnya.

Jogja Raya