RADAR JOGJA – Guna mendukung program wildlife conservation dan zero waste, Gembira Loka Zoo (GL Zoo) menggandeng PT Lion Super Indo untuk bekerja sama dalam donasi pakan satwa koleksi kebun binatang. Kerja sama ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan ultah GL Zoo ke 67, Selasa (10/11).

Direktur Utama GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo mengakui pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada sektor pariwisata, termasuk GL Zoo. Selama 4,5 bulan lebih tidak beroperasi dan tanpa pemasukan, cukup memberatkan untuk menghidupi satwa dan menggaji karyawan perawat satwa. 

“Tapi manajemen tetap mengupayakan bertahan untuk bangkit dari keterpurukan,” kata pria yang akrab disapa Joko ini.

District Leader Super Indo Supermarket Dyah Retno Muninggar mengatakan, pihaknya membantu buah-buahan dan sayuran yang sudah tidak layak jual tetapi masih layak untuk pakan satwa. Di antaranya mangga, pisang, apel, jeruk, buncis, wortel dan sejenisnya.  

“Sisa buah dan sayur dari Supermarket di Jl Solo dan Sonosewu sangat membantu dan mencukupi kebutuhan satwa di sini. Bahkan dijadikan nutrisi tambahan satwa koleksi GL Zoo,” tutur dia.

Dyah berharap kerja sama dengan GL Zoo ini yang pertama kali ini bisa berkelanjutan.

Ketua Umum Yayasan GL Zoo Drs GBPH Yudaningrat menambahkan, sejak beroperasi kembali mulai 3 Agustus lalu, jumlah pengunjung GL Zoo kini belum sesuai yang diharapkan. Masih berkisar 20 persen dari kondisi normal. 

“Diharapkan para karyawan tetap semangat. Bekerja secara efektif dan efisien serta selalu menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya. (sky/tif)

Jogja Raya