RADAR JOGJA – Pandemi Covid-19 memang belum selesai. Namun kreativitas tetap harus jalan terus. Tidak boleh jalan di tempat, apalagi berhenti berkreasi. Melihat adanya potensi berkreasi di tengah pandemi ini, Forum Wartawan Teknologi (Forwat) dan Samsung pun menggelar workshop online bertema “Galaxy Creator Workshop Be Creator Awesome You”, acara berlangsung dari pada Rabu, 4 November 2020 di kanal Zoom.

“Sejak April 2020, awal-awal pandemi, terjadi hal yang menarik di dunia maya. Yakni terjadinya tren kenaikan masyarakat mengonsumsi video konten. Nah, hal ini harus dilirik oleh para content creator untuk terus berkreasi di masa pandemi,’’ ujar salah seorang pembicara, sekaligus Busines Solutions Consultant Sosialbakers, Gabriel Thay.

Interaksi sosial di media sosial (medsos), kata Gabriel, meskipun audiens Facebook lebih banyak, namun ternyata lebih efektif melakukan interaksi di medsos melalui Instagram.

“Jika dikaitkan dengan e-commerce, memakai Facebook lebih efektif dibandingkan menggunakan Instagram,’’ tegas Gabriel.

Dia menyarankan, jika membuat video konten sebaiknya berdurasi tidak lebih dari lima menit. Terutama jika video konten tersebut diposting di Instagram atau Facebook. ‘’Jika durasi video konten lebih dari lima menit, saya sarankan untuk diposting di kanal Youtube,’’ tutur Gabriel.

Pembicara lain, sekaligus Youtuber dan fotografer Glen Prasetya menyarankan kepada content creator memakai kamera yang compact. Kamera yang memiliki size yang tidak terlalu besar dan mudah dioperasikan. “Serta mudah dibawa ke mana-mana,’’ saran Glen.

Sedangkan tips lain saat membuat konten, menurut Glen, audio dari content creator harus terdengar dengan jelas. “Itu kunci untuk menyampaikan pesan dalam video sehingga dapat dimengerti oleh audiens kita,’’ ujar Glen.
Workshop yang berlangsung sekitar satu jam ini mengulas tentang konten media sosial. ‘’Dari peluang sampai strategi untuk menjadi seorang kreator konten sukses. Meskipun hanya menggunakan smartphone,’’ kata Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Irfan Rinaldy.

Smartphone Samsung Galaxy Series, kata Irfan, khususnya Galaxy A51 dan Galaxy A71 memiliki fitur kamera lengkap untuk membuat konten media sosial. “Baik untuk keperluan fotografi maupun videografi. Content creator dapat mengunakan lensa makro dan lensa ultrawide yang dibenamkan pada kedua smartphone Galaxy Series tersebut,’’ kata Irfan. (*/iwa/ila)

Jogja Raya