RADAR JOGJA – Banyak teladan dari Nabi Muhammad SAW yang selalu aktual untuk dijalankan di masa modern ini. Menumbuhkembangkan sikap kemandirian, teguh dalam kebenaran, selalu menolong dan kepedulian sosial.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwantoi menyatakan hal ini dalam refleksi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.  “Ada keteladanan Nabi Muhammad SAW yang bisa kita jalankan untuk lebih peduli dengan sesama, memberikan pertolongan kepada siapa saja tanpa harus melihat latar keyakinan dan agama,” kata Eko di Umbulharjo,  Kamis malam (29/10).

Di tengah kondisi sulit akibat dampak pandemi seperti sekarang,  nilai nilai yang diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW menemukan relevansinya. Saat ini semua pihak sedang berusaha bangkit dari keterpurukan akibat adanya penyakit menular yang belum ada vaksin nya.

Di Indonesia,  umat muslim sebagai bagian yang terbesar memiliki peran strategis dalam ranah sosial.  “Ada teladan dari Nabi Muhammad SAW  soal pentingnya berbagi,  menyantuni kaum lemah, dhuafa atau menyapa si miskin agar bisa lebih mandiri. Jumlah umat muslim yang besar di tanah air bisa jadi modal bersama, bangun solidaritas, kepedulian sosial harus ditumbuhkan di tengah kesulitan akibat dampak pandemi,” kata Eko.

Momentum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW disebutkan bisa menjadi pijakan langkah bersama untuk membebaskan anak bangsa dari belenggu problem ekonomi dan sosial karena dampak pandemi.

“Mari bersama-sama tumbuhkan rasa cinta, bantu sesama yang membutuhkan tanpa harus memperuncing perbedaan yang ada di Indonesia. Kita memiliki modal keberagaman yang penting bagi tumbuhnya rasa persaudaraan, sebagai bangsa Indonesia. Semua ini semakin meneguhkan NKRI,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ ini. (*/kus/ila)

Jogja Raya