RADAR JOGJA – Menyambut libur panjang dan cuti bersama akhir Oktober, PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Jogjakarta menambah 12 rangkaian gerbong kereta api (KA) jarak jauh. Ada pula 4 rangkaian kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Budiyanto menuturkan penambahan rangkaian KA berlangsung hingga 1 November. Kebijakan ini sebagai wujud antisipasi lonjakan penumpang. Tercatat peningkatan penumpang sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Untuk memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat pada long week end maka rangakaian KA ditambah. Operasional sejak besok (28/10) hingga 1 November,” jelasnya, Selasa (27/10).

Keduabelas rangkaian KA di antaranya Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Jogjakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung.

Selain itu terdapat berbagai KA lain yang juga melintas di wilayah Daop 6. Di antaranya Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma dan berbagai KA lainnya.

“Untuk 4 perjalanan KA Bandara dioperasikan 2 perjalanan KA Bandara menuju Wojo hingga Kebumen dari Stasiun Tugu. Lalu 2 perjalanan KA Bandara hanya sampai Wojo,” katanya.

Pemesanan tiket long weekend telah dibuka sejak H-14 secara online melalui aplikasi KAI Access, website PT KAI dan seluruh rekanan penjualan resmi KAI lainnya. Skema penjualan ini merupakan wujud dari protokol kesehatan Covid-19.

Calon penumpang perjalanan jarak jauh wajib melampirkan surat bebas Covid-19. Minimal hasil uji rapid diagnostic test (RDT). PT KAI sendiri telah memfasilitasi uji RDT di pintu masuk Stasiun Tugu dan Stasiun Balapan Solo.

“Calon penumpang diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan. Kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen dari yang tersedia,” ujarnya. (dwi/tif)

Jogja Raya