RADAR JOGJA – Kunjungan Menkominfo Johnny G Plate ke Jogjakarta selain bertemu Gubernur DIJ, juga untuk berdialog dengan Forum Komunikasi (Forkom) Diaspora  perantau NTT. Di antaranya 22 Ikatan Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) dari berbagai daerah di NTT di Jogjakarta.

Johnny meminta mahasiswa NTT yang menempuh pendidikan di Jogja untuk ikut membangun dan memajukan NTT setelah lulus nanti.

“Kepada adik-adik dan anak-anak saya, mahasiswa asal NTT di Jogja, kejarlah ilmu sebanyak-banyaknya di Jogja. Dan selain belajar, adik-adik mahasiswa juga mempunyai tugas untuk membantu Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dan 21 bupati/wakil bupati serta satu walikota/wakil walikota di NTT untuk ikut memajukan NTT,” ugkapnya dalam pertemuan yang digelar di sebuah rumah makan di Jalan Laksda Adisutjipto, Jumat malam (16/10).

Johnny juga berpesan masyarakat agar memanfaatkan perangkat digital secara positif untuk hal-hal yang produktif atau menghasilkan uang. Bukan justru dimanfaatkan untuk menyebar hoaks, kebencian dan mengadudomba.

“Saat ini merupakan era ekonomi digital. Mari kita manfaatkan smartphone kita untuk hal-hal yang positif dan produktif, bukan malah untuk menyebar hoaks,” ujarnya.

Sesepuh Forkom Diaspora NTT di DIJ John S Keban mengatakan, tujuan kunjungan Menkominfo salah satunya untuk menyampaikan kepada mahasiswa agar memanfatkan berbagai program Kemenkominfo dengan memanfaatkan IT untuk kesejahteraan. Misalnya memanfaatkan teknologi android agar bisa menghasilkan uang. Caranya bisa dilakukan dengan pelatihan-pelatihan kewirausahaan melalui program ekonomi digital. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Menkominfo yang telah memberikan perhatian kepada adik-adik mahasiswa melalui program ekonomi digital,” ujarnya. (sky/tif)

Jogja Raya