RADAR JOGJA –  Belasan anggota TNI/Polri menggeruduk Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (15/10). Hal itu dilakukan untuk memberi kejutan kepada jajaran pemkab pada peringatan Hari Jadi Ke-69 Kabupaten Kulonprogo.

Rombongan TNI/Polri dipimpin langsung Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono dan Komandan Kodim 0731 Letkol Inf Dodit Susanto. Mereka datang dengan mengenakan busana adat Jawa sekitar pukul 10.30. Rombongan pun disambut Bupati Sutedjo didampingi Wabup Fajar Gegana.

Kapolres dan Dandim memberikan kue ulang tahun berikut tumpeng dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun ciptaan Jamrud. “Kami ikut bahagia, bersinergi dengan TNI dan Pemkab Kulonprogo. Semoga di ulang tahun yang ke-69 ini, Kabupaten Kulonprogo semakin jaya,” ujar AKBP Tartono.

Bupati Sutedjo mengaku terharu dan tidak menyangka keluarga besar Polres dan Kodim 0731/Kulonprogo memberikan kejutan. “Sepanjang yang saya ketahui baru kali ini Hari Jadi Kulonprogo ada kejutan dari TNI dan Polri. Saya terharu dan mengucapkan banyak terima kasih, semoga sinergitas ini terus terjaga,” ucapnya.

Dijelaskan, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Jadi Kulonprogo kali ini memang lebih sederhana. Tidak ada hingar bingar, kerumunan massa, maupun hiburan berskala besar. Penyederhanaan kegiatan ini sengaja untuk menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

“Kami sementara menghindari kerumunan orang banyak. Beberapa kegiatan bahkan terpaksa ditiadakan seperti maraton manunggal dan pameran pembangunan (Manunggal Fair, Red),” jelas Sutedjo.

Secara virtual, Gubernur Hamengku Buwono X juga mengucapkan selamat kepada pemkab dan warga Kulonprogo yang sedang merayakan hari jadinya. (tom/laz)

Jogja Raya