RADAR JOGJA – Kawasan Tugu Jogja tahun ini bebas kabel yang melayang di udara. Tidak hanya itu, di sekitar kawasan yang menjadi sumbu filosofis Jogja ini juga akan dilakukan penataan.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja Umi Akhsanti mengatakan, bebas kabel di udara tidak hanya kabel fiber optik (FO). Kabel PLN juga direncanakan bebas di udara. “Harapan kami simpang Tugu akhir tahun sudah bebas kabel,” katanya kepada Radar Jogja tadi malam (6/10).

Umi menjelaskan, penataan simpang Tugu juga meliputi pembuatan ducting untuk kabel FO dan kabel PLN. Serta penggantian batu cupstone yang berada di sekeliling Tugu. Batu cupstone di sekeliling Tugu akan diganti seperti di Titik Nol Kilometer yaitu lantai teraso.

Penataan lantai sekeliling Tugu dengan radius sekitar 29 meter mengelilingi baik sisi barat, timur, utara, dan selatan. “Kami ganti lantainya karena masih di sumbu filosofis biar sama dengan yang di Titik Nol Kilometer. Panjang batu yang akan kami ganti masih sama dengan yang lama,” ujarnya.

Penataan kawasan Tugu ini satu kesatuan dengan penataan Jalan Sudirman tahap II yaitu revitalisasi trotoar. Kedua proyek itu dikerjakan oleh dua pihak ketiga yang berbeda sesuai dengan perencanaan. Penataan Sudirman tahap II sama halnya dengan penataan Sudirman tahap I.

Berkaitan dengan konsep pekerjaan Jalan Sudirman akan menjadi jalur semi pedestrian seperti tahap I yang sudah selesai dikerjakan. Dalam desainnya akan memadukan konsep sumbu filosofis dengan cagar budaya. “Teknis pekerjaan tidak jauh berbeda. Hanya nanti di sumbu filosofis jenis bollardnya akan lebih banyak. Tapi, dua-duanya akan terpadu, baik tahap pertama dengan kedua,” jelasnya.

Pekerjaan tahap kedua dari Jembatan Gondolayu hingga Tugu menggunakan pendekatan sumbu filosofis. Sedangkan pekerjaan sebelumnya tahap pertama dari simpang Gramedia hingga Jembatan Gondolayu, menggunakan pendekatan cagar budaya. “Target pekerjaan dua paket ini 100 hari kalender dari kontrak pertengahan September. Akhir tahun insya Allah sudah selesai,” tambahnya. (wia/laz)

Jogja Raya