RADAR JOGJA – Kekuatan TNI sebagai elemen pertahanan diharapkan semakin jaya dan terus menjadi pengawal kedaulatan NKRI.

Anggota DPRD Kota Jogja dari PDI Perjuangan Endro Sulaksono menegaskan hal ini saat menyampaikan ucapan selamat HUT TNI ke-75. Secara simbolis tumpeng sebagai ucapan selamat diberikan kepada masing-masing Danramil di kota Jogja. Kegiatan pemberian tumpeng ucapan selamat ulang tahun ini serentak dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Jogja, PAC PDI Perjuangan Umbulharjo dan PAC PDI Perjuangan Kotagede, Serta Satgas PDI Perjuangan Kompi E.

”Tentara nasional Indonesia lahir dari rahim perjuangan rakyat.  TNI adalah kekuatan pertahanan bangsa yang strategis, selamat HUT ke -75, selalu berada di garis depan pertahanan bangsa jaga kedaulatan NKRI,” kata Endro, Senin (5/10).

PAC PDI Perjuangan Gondokusuman dalam kesempatan peringatan TNI ke -75 ini melakukan kunjungan ke Koramil Gondokusuman dipimpin Danramil Gondokusuman Mayor Acuk Andrianto. Kegiatan kunjungan dilakukan juga ke Koramil Danurejan yang dipimpin Danramil Danurejan Mayor Sriyanto. PAC PDI Perjuangan Gondokusuman diwakili Sarjono sebagai sekretaris PAC dan pengurus PAC lainnya.

Sementara itu penyerahan tumpeng diberikan kepada Danramil Kecamatan Umbulharjo Kapten Nurwahid. Di Koramil Kotagede, diserahkan ketua PAC PDI Perjuangan Kotagede Puji Widodo langsung diterima oleh Danramil Kecamatan Kotagede Kapten Joko.

Ketua Komisi B DPRD Kota Jogja Susanto Dwi Antoro menambahkan, 5 Oktober dikenal sebagai hari Tentara Nasional Indonesia.  diperingati sebagai napak tilas pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945.

”TNI adalah  penjaga kedaulatan negara Indonesia paska kemerdekaan. TNI merupakan garda terdepan menjaga marwah kedaulatan republik Indonesia. Sinergitas semua anak bangsa diperlukan,” katanya.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Veronika Prabandari menyatakan rasa bangga kepada TNI yang berperan dalam menjaga kedaulatan bangsa. ”Semoga di HUT TNI ke 75, ke depan semakin jaya dan selalu menjadi pengayom masyarakat di Gondokusuman dan Danurejan khususnya dan Indonesia ada umumnya,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menyatakan, penyampaian tumpeng menjadi simbol harapan agar TNI bekerja secara profesional, menjaga kedaulatan bangsa dan membantu rakyat bangkit dari kondisi pandemi Covid-19. (kus/ila)

Jogja Raya