RADAR JOGJA – Pelanggaran protokol kesehatan (prokes) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jogjakarta meningkat. Dalam satu bulan tercatat ada 12.154 orang yang melanggar prokes. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan data Agustus, sekitar 5.000 orang.

Kepala Satpol PP DIJ Noviar Rahmad mengakui adanya lonjakan pelanggaran. Berdasarkan data Satpol PP, pelanggaran justru didominasi pendatang. Mayoritas adalah wisatawan atau pendatang yang kebetulan singgah ke Jogjakarta.

“Peningkatan pelanggar protokol kesehatan ini mulai banyak karena kegiatan wisata mulai menggeliat. Terutama di kawasan Pantai, banyak wisatawan yang abai menggunakan masker,” tegasnya, Selasa (6/10).

Dari data tersebut juga mulai terlihat titik temuan pelanggaran. Tak lagi di kawasan pusat kota tapi wilayah pesisir. Pendataan ini menunjukan lokasi yang sama dari bulan sebelumnya. Didominasi oleh wisatawan objek wisata pantai.

Di kawasan perkotaan, angka pelanggaaran prokes justru turun. Dia mencontohkan kawasan Malioboro. Angka pelanggaran di wilayah ini justru kian menurun. Selain pengawasan, juga kesadaran wisatawan untuk patuh.

“Kawasan pantai itu paling tinggi pelanggarannya. Terutama saat weekend hari Sabtu dan Minggu. Kami antisipasi dengan pantauan patroli sebanyak 60 titik,” katanya.

Para pelanggar, lanjutnya, didata berdasarkan alamat asal. Mayoritas justru berasal dari luar Jogjakarta. Di antaranya wisatawan asal Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. Rasio pelanggaran oleh warga luar Jogjakarta ini mencapai 90 persen.

Berdasarkan data ini terlihat angka kepatuhan terhadap prokes Covid-19. Noviar mengapresiasi kepatuhan para wisatawan asal Jogjakarta. Walau begitu dia meminta agar kepatuhan terhadap Pergub DIJ Nomor 77 Tahun 2020 menjadi tanggung jawab bersama.

“Setidaknya bisa dipertahankan dan menjadi contoh. Tak hanya menjalankan secara personal tapi juga menegur kalau ada yang tidak patuh. Kalau sanksi dalam pergub masih sebatas sanksi sosial. Kalau di pantai kami minta untuk memungut sampah,” ujarnya. (dwi/tif)

Jogja Raya