RADAR JOGJA – Menjelang pelaksanaan Pilkada 2020, Korem 072/Pamungkas DIJ telah menyiapkan pasukan di masing-masing Kodim untuk mengamankan 7 wilayah. Di Sleman, Bantul, Gunung kidul, dan empat wilayah Jawa Tengah yakni Magelang, Purworejo, Wonosobo, Kebumen.

“Saat ini,  sedang memonitor keadaan, misalnya kalau ada kerumunan dari Kodim akan turun untuk pengamanan agar tidak timbul klaster baru,” Jelas Komandan Korem (Danrem)  072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Jumat (25/9).

Untuk pencegahan penularan Covid-19, pihaknya juga berupaya agar sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat bisa terus dilakukan. Salah satunya mengantisipasi adanya kerumunan atau adanya konser musik.

“Misal ada suatu pesta di dalam suatu ruangan, kami mengamankan pesta itu di luar gedung. Jangan narik-narik tentara ke dalam untuk ikut joget-joget dan jangan coba-coba tentara ikut masuk, nanti mabuk. Kita di luar saja mengamankan agar tidak terganggu. Istilahnya seperti itu,” tegasnya.

Danrem juga telah memerintah seluruh anggota untuk menjaga netralitas TNI. Termasuk mengecek kendaraan jika berpergian, jangan sampai terdapat gambar partai maupun calon.

“Anggota punya motor, dipakai kampanye anaknya atau tidak sengaja mobil atau motor dinasnya ditempel gambar partai atau calon. Hal-hal begini sudah saya ingatkan,” katanya.

Selain itu dia juga mengimbau agar  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak menjadi ajang kampanye.

“Jika ada gambar calon, jangan dicopot oleh tentara, tapi lapor ke Bawaslu agar kita tidak disalahkan,” tegasnya. (sky/tif)

Jogja Raya