RADAR JOGJA- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DIJ bakal memiliki ketua baru. Pemilihan ketua itu menjadi agenda dalam konferensi provinsi (Konferprov) yang berlangsung hari ini, Sabtu (26/9). Konferprov itu akan dipusatkan di gedung PWI DIJ Jalan Gambiran Jogja.

Esti Susilarti ditetapkan menjadi pimpinan sidang untuk memandu jalannya sidang. Terpilihnya Esti terjadi beberapa saat setelah Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Ghani Ottoh menyatakan pengurus PWI DIJ periode 2015-2020 demisioner.
“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja PWI DIJ yang selama dua periode dipimpin Pak Sihono dan Pak Octo Lampito selaku ketua dewan kehormatan provinsi,” ucap Zulkifli ketika menerima pataka dari Sihono Harto Taruno selaku ketua PWI DIJ periode 2015-2020.
Sejak penyerahan itu, pengurus PWI DIJ dinyatakan demisioner. Untuk persiapan menuju sidang pemilihan, Zulkifli mengusulkan Esti Susilarti tetap menjadi pimpinan sidang.
Usulan itu setelah melihat Esti sukses memandu jalannya sidang pembahasan tata tertib pemilihan konferprov dan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus PWI DIJ periode 2015-2020. Kedua agenda itu telah berjalan kemarin (25/9).
“Bagaimana kalau Mbak Esti tetap dipertahankan memimpin,” ujar Zulkifli yang pernah dua periode menjadi ketua PWI Sulawesi Selatan. Usulan ini langsung disetujui semua peserta sidang.

Konferprov hari kedua ini akan dimulai pukul 10.00. Selain ketua PWI, peserta juga akan memilih formatur dan ketua dewan kehormatan provinsi (DKP). Jumlah pemilih dalam konferprov ini ada 132 anggota. Hari pertama konferprov dilakukan secara langsung dan lewat daring. Ada 92 orang anggota yang mengikuti. “Ini sudah memenuhi syarat kuorum,” kata Esti.
Konferprov PWI DIJ dibuka secara daring oleh Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari. Dia mengucapkan selamat berkonferensi kepada seluruh pengurus dan anggota PWI DIY.
Dikatakan, tantangan pers ke depan semakin besar. “Ruh dari pers adalah kompetensi dan kode etik. Produk jurnalistik yang harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ingat Atal.

Ketua PWI DIJ periode 2015-2020 Sihono Harto Taruno berharap pengurus baru semakin meneguhkan PWI sebagai organisasi profesional dan bermartabat. Dia ingin pengurus PWI DIJ periode 2020-2025 dapat mengawal pembangunan Grha Pers Pancasila dan pendirian Pusat Pendidikan dan Pengembangan Pers Pancasila.

Head of Region Bank BNI Kantor Wilayah Jogjakarta Moh Hisyam mengucapkan terima kasih kepada insan pers telah menjalin kemitraan yang baik dengan Bank BNI. Dia berharap konferprov berjalan dengan baik. Menghasilkan kepengurusan yang amanat. “Semoga PWI DIJ terus memberi sumbangsih positif bagi masyarakat,” harapnya.

Jalannya Konferprov PWI DIJ didukung Bank BNI, Bank BRI, Bank BPD DIJ, Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Aisyiyah (Unisa) Jogjakarta, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) dan Anggota DPD RI M. Afnan Hadikusumo. (kus/ila)

Jogja Raya