RADAR JOGJA – Sudah tiga pekan lebih skuad PSS Sleman digeber latihan di Lapangan Yogyakarta International School (YIS). Berbagai program latihan diberikan kepada penggawa Super Elang Jawa, julukan PSS. Mulai dari latihan fisik, internal game, hingga taktikal.

Pelatih fisik PSS Danang Suryadi memberikan kabar terkait perkembangan terkini anak-anak Sleman. Ia menyebut, dalam sepekan terakhir kondisi fisik Bagus Nirwanto cs mengalami peningkatan. Utamanya di tiga internal game yang dijalani. “Kondisinya bagus ya di game dari hari Selasa, Sabtu, serta Minggu. Kemungkinan itu akan jadi internal game terakhir, menurut program dari Coach Dejan (Antonic),” ujarnya.

Kendati secara fisik ada progres, eks pelatih fisik Persebaya Surabaya itu berujar, kemungkinan nantinya akan dilakukan bleep test sebelum pertandingan. Hal itu untuk membandingkan sejauh mana progres test yang sudah dilakukan sebelumnya. Juga sebagai laporan tim pelatih kepada manajemen Super Elja “Jadi by data karena semua laporan harus disertai data. Tidak hanya pendapat kami pribadi masing-masing,” terang Danang.

Meski begitu, ia juga berharap agenda tersebut dapat berjalan sesuai rencana. Sebab, dia tak ingin tes tersebut mengganggu persiapan tim jelang kick off pada 1 Oktober mendatang.

Di tengah persiapan, beberapa pilar PSS sempat didera cedera. Di antaranya Yevhen Bokhashvili, Samsul Arifin, dan Bagas Umar. “Yevhen cedera otot hamstring (paha belakang), Samsul di paha depan. Sedangkan otot kedua paha Bagas Umar tertarik,” beber fisioterapis PSS Lutfinanda Amary Septiandi.

Beruntung, ketiganya sudah menjalani rehabilitasi pemulihan cedera. Dokter tim PSS Elwizan Aminudin menambahkan, kondisi Samsul dan Bagas berangsur membaik, sementara Yevhen pekan ini dipastikan kembali mengikuti latihan. Terlebih, striker asal Ukraina itu telah menjalani USG 4D. Yang hasilnya tidak terjadi robekan serius.

Di sisi lain, hingga kini sesi latihan Laskar Sembada belum didampingi sosok pelatih Dejan Antonic beserta asisten pelatih Mladen Dodic Doda. Keduanya masih tertahan di negara masing-masing karena terkendala penerbangan akibat Covid-19.

Selain itu, skuad PSS yang ikut latihan juga belum komplet. Ada dua pemain yang urung bergabung. Keduanya adalah Irfan Bachdim dan Aaron Evans. Padahal, jadwal menuju kompetisi tinggal 10 hari lagi. (ard/laz)

Jogja Raya