RADAR JOGJA – Penyidik Satreskrim Polresta Jogja berhasil mengungkap penyebab terbakarnya Toko Roti dan Kue Trubus di Cokrodiningratan, Jetis, Jogja. Kebakaran yang terjadi Sabtu pagi (12/9) diduga ada unsur kesengajaan. Pelakunya adalah ID, 35, yang juga menjadi korban dari kebakaran ini.

Kasatreskrim Polresta Jogja AKP Riko Sanjaya memastikan ID adalah pelaku tunggal. Warga Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah ini berstatus mantan karyawan. Diberhentikan oleh pemilik toko tepat sehari sebelum peristiwa kebakaran.

“Jadi sehari sebelum kejadian, dia diberhentikan kerja. Penyebabnya, ada dugaan pembukuan keuangan yang tidak pas,” jelasnya, Senin (14/9).

Fakta ini dikuatkan dengan keterangan saksi sekaligus pengelola toko Setiawan Rudi, 38. Tak hanya itu, adapula bukti kuat rekaman kamera pengawas CCTV. Sosok korban terlihat mondar-mandir sebelum kebakaran terjadi.

Dalam rekaman terlihat jelas ID menyiramkan jirigen ke segala penjuru. Selanjutnya juga mengguyurkan cairan bahan bakar tersebut ke tubuhnya. Kejadian setelahnya adalah menyalakan api yang menyebabkan kebakaran.

“(ID) datang dengan membasahi ruangan dengan jeriken, lalu mengguyurkan juga ke kepala. Dari bukti ini dugaan yang melakukan pembakaran itu yang bersangkutan sendiri,” katanya.

Kebakaran yang terjadi pukul 05.30 menyebabkan sejumlah ruangan rusak. Tepatnya pada bagian dapur dan ruang produksi. Untungnya Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja berhasil datang tepat waktu dan memadamkan.

Terkait kelanjutan kasus, Riko memastikan menutup atau tak berlanjut. Kasus tidak dilanjutkan atas permintaan pemilik toko. Laporan telag dicabut setelah ada pertemuan antara pihak pelapor dan keluarga ID.

“Dari toko tidak ingin melanjutkan perkara tersebut dan mencabut laporan karena ada permintaan maaf dari keluarga (ID),” ujarnya. (dwi/ila)

Jogja Raya