RADAR JOGJA – Banyak yang dilakukan segelintir orang untuk saling membantu di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan Serdik Suryo Hutomo. Polisi yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Staf Dan Pimpinan Menenggah (SESPIMMEN) SESPIM Lemdiklat Polri ini rutin mendonorkan darahnya.

“Sejak Maret saya sudah melakukan donor darah hingga dua kali. Pertama di Bandung, kedua di Kebumen tempat kelahiran saya,” jelas mantan Kasatlantas Polresta Jogja ini, Kamis (3/9).

Setelah mendonorkan darahnya, Suryo merasa tubuhnya lebih segar dan bugar. Dia menjelaskan, selama proses donor darah, petugas dan pendonor selalu menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari cuci tangan, mengenakan masker, dan jaga jarak dengan pendonor yang lain. 

“Sebelum proses pengambilan darah dimulai, kondisi kesehatan saya juga dicek. Setelah semuanya aman dan dinyatakan sehat, baru kemudian dilakukan pengambilan darah oleh petugas yang lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD),” jelasnya.

Sejak April lalu Suryo dan seluruh siswa SESPIMMEN Angkatan 60 menjalani pembelajaran secara daring dari rumah masih-masing. Kendati demikian di sela kesibukannya dia terap melakukan olah raga dan aktivitas lain untuk menjaga kebugaran tubuh agar layak menjadi pendonor darah. (sky/tif)

Jogja Raya