RADAR JOGJA – PSIM Jogja menggelar rapid test di Wisma PSIM, Baciro, Selasa pagi (1/9). Rapid test dilakukan untuk memastikan tim terbebas dari paparan Covid-19. Sebab, sore ini skuad PSIM dijadwalkan menjalani latihan perdana di Lapangan Tamanan, Bantul.

Selain pemain, tes gelombang pertama ini diikuti jajaran pelatih serta ofisial tim Laskar Mataram, julukan PSIM. Rapid test dilaksanakan bekerja sama dengan Pemkot Jogja, khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes).

Sebanyak 15 pemain menjalani rapid test. Mereka adalah Ivan Febrianto, Jordyno Putra Dewa, Al Rizqy Dwi Prananda, Hendra Wijaya, Sunni Hizbullah, Crah Eka Angger Iswanto, dan Yoga Pratama. Kemudian, Raymond Ivantonius Tauntu, Arifsatya Yudha Alkanza, Ichsan Pratama, Supriyadi, Ken Noveryan Achbar, Martinus Novianto, Nanda Nurrandi, dan Talaohu Abdulmushafry.

Kendati sejumlah pemain sudah berada di Kota Gudeg, beberapa di antaranya izin, sehingga mereka akan mengikuti rapid test susulan.

Pelatih PSIM Seto Nurdiyantara menyebut, rapid test merupakan awalan yang baik untuk memastikan kondisi semua anggota tim. Selain itu, juga dapat dijadikan acuan sebelum menggelar latihan perdana.

“Artinya hal seperti itu memang perlu dilakukan. Karena kami harus saling menjaga semua yang ada di dalam tim ini,”  ujar pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Karena masih dalam situasi pandemi, latihan pun akan digelar secara tertutup. Artinya tertutup bagi suporter maupun awak media. Selain itu, protokol kesehatan (prokes) juga akan diterapkan terhadap setiap kegiatan PSIM. Mulai dari mess pemain, hingga aktivitas latihan.

Manajer PSIM David MP Hutauruk menambahkan, selain rapid test tim juga akan dilakukan swab test sesuai prokes yang dianjurkan Dinkes. “Tentunya tes Covid-19 ini akan kami lakukan secara rutin dan merata kepada seluruh anggota tim,”  kata David.

Sementara itu, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti yang hadir memantau pelaksanaan rapid test berpesan agar seluruh pemain dan anggota tim menjaga kondisi kesehatan mereka. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. (ard/laz)

Jogja Raya