RADAR JOGJA – Striker muda PSS Sleman Saddam Emiruddin Gaffar terpilih mengikuti pemusatan latihan atau TC Timnas U-19 di Kroasia. Saddam pun mengaku senang dan bangga karena dapat bergabung TC di luar negeri. Pekan ini dia bersama 29 pemain muda berbakat lain, dijadwalkan bertolak ke Eropa itu.

ANA R. DEWI, Sleman, Radar Jogja

Pesepak bola asal Jepara, Jawa Tengah, ini juga tidak menyangka masih diberikan kepercayaan oleh Pelatih Kepala Shin Tae-yong. Apalagi sebelumnya beberapa nama langganan Timnas U-19 dipulangkan. “Bersyukur banget sih, soalnya masih diberi kesempatan pelatih ikut TC,” ujar Saddam kepada Radar Jogja Rabu(26/8).

Lebih lanjut pemain 18 tahun ini berjanji akan memberikan kemampuan terbaik. Dia juga bertekad menembus skuad utama Timnas U-19. “Tentu saya akan berjuang semaksimal mungkin untuk masuk skuad inti Piala Dunia. Selama ini saya sudah ikut TC di Jakarta, progres fisik dan mental makin terasah,” bebernya.

Nah, saat TC Garuda Muda bakal ambil bagian dalam International U-19 Friendly Tournament, 2-8 September mendatang. David Maulana Cs akan menghadapi tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengatakan, 30 pemain dipilih berdasarkan penilaiannya selama pemusatan latihan. Pelatih asal Korea Selatan ini menyebut anak asuhnya dalam kondisi baik, serta terus mengalami perkembangan positif. “Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan Timnas U-19 akan makin meningkat,” ucapnya.

Adapun serangkaian TC dilakukan sebagai persiapan Timnas menghadapi dua agenda sekaligus. Yaitu Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Di ajang AFC yang berlangsung 14-31 Oktober di Uzbekistan itu, Timnas U-19 berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. (laz)

Jogja Raya