RADAR JOGJA – Menjadi destinasi tujuan wisatawan saat berkunjung ke Jogja, Malioboro sempat mengalami lonjakan pengunjung di masa pandemi. Yakni saat long weekend lalu, dari Kamis (20/8) hingga Minggu (23/8).
“Selama libur panjang kemarin kunjungan Malioboro mencapai 18.375 pengunjung,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto saat dihubungi Radar Jogja Senin (24/8).

Lonjakan itu dibarengi adanya kebijakan dari Pemkot Jogja untuk mengerahkan petugas gabungan dari Satpol PP, Linmas, Dishub, dan sebagainya. Yakni sebanyak 350 personel untuk pengawasan dan antisipasi lonjakan pengunjung saat libur panjang. Ekwanto menyebutkan, pada Kamis (20/8) ada 4.781 pengunjung Malioboro. “Pada Jumatnya Malioboro mengalami penurunan pengunjung, yakni ada 3.772 orang,” lanjutnya.

Kunjungan terbanyak terjadi pada hari Sabtu (22/8) yaitu ada 5.149 orang. Kemudian untuk Minggu (23/8) terjadi penurunan kembali menjadi 4.673 pengunjung.

Salah seorang petugas Jogoboro di pintu masuk Malioboro sebelah utara Jovan Andi menyebutkan, dia melihat perbedaan kunjungan Malioboro saat long weekend lalu dengan pengunjung pada Senin (24/8). “Biasanya jam segini (pukul 14.45, Red) sudah banyak pengunjung yang datang. Kalau sekarang sudah mulai sepi,” katanya.

Dia berharap, meskipun pengunjung Malioboro mulai banyak tetapi harus tetap patuh dan sadar dengan protokol kesehatan. Dengan begitu, dia menyebutkan bisa sama-sama nyaman dan keselamatan antarpengunjung bisa terjaga.
“Biasanya pengunjung masih ada yang mengenakan masker belum benar, berjalan melawan arah. Tetapi kalau untuk scan barcode pengunjung tertib karena dijaga dan kami pantau,” jelasnya.

Menurut pantauan Radar Jogja kemarin siang (24/8), Malioboro terlihat lebih landai. Di bagian pintu utara juga tidak terlihat banyak pengunjung yang mengantre untuk memindai QR Code.

Namun tetap saja sebagian besar dari mereka masih ada pengunjung yang tidak taat dengan protokol kesehatan (prokes). Beberapa dari mereka mengabaikan petunjuk yang sudah disiapkan pihak Malioboro. (cr1/laz)

Jogja Raya