RADAR JOGJA – Di tengah masa Pandemi Covid-19 ini, menyebabkan orang yang berdonor darah semakin sedikit. Padahal kebutuhan akan darah masih tetap, bahkan semakin meningkat. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan, karena setetes darah bisa membantu sesama yang membutuhkan.

Menyikapi hal ini, organisasi yang peduli sesama, Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram pun tergerak untuk menggelar aksi donor darah. Tentu dengan menerapkan protokol Covid-19 yang sangat ketat. Pada hari Rabu, 19 Agustus 2020, bertempat di Gedung Serbaguna Anton Sujarwo, Mapolda DIJ, digelar donor darah yang diinisiasi oleh Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram didukung personel Polda DIJ.

‘’Selain bertujuan untuk silaturahmi, acara ini untuk membantu mendapatkan darah di masa Pandemi Covid-19,’’ ujar President Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram, Joynindya Maitri, Rabu (19/8).

Lions Club (LC) Yogyakarta Manggala Mataram bekerja sama dengan PMI Kota Jogja.

‘’Ada sepuluh orang tim dari PMI Kota Jogja dan delapan bed untuk digunakan pengambilan darah,’’ ujar Ketua Wilayah 2 Lions Club Indonesia Distrik 307-B2, Chatarina Advenita Tersierra Rosa.

Sekitar 120 form dari PMI Kota Jogja dibawa dan disediakan untuk personel Polda DIJ yang berkenan untuk berdonor darah.

” Setiap pendonor darah kami berikan kesempatan untuk mendapatkan doorprize. Caranya, usai diambil darahnya, kemudian mengambil undian. Ada yang mendapat kipas angin, kulkas, sepeda, hingga gas elpiji ukuran 5 kilogram,’’ ujar Joynindya.

Sekitar 25 orang anggota Lions Manggala Mataram ikut hadir dalam acara donor darah tersebut.

‘’Kami menggelar acara ini sekaligus memperingati Kemerdekaan RI dan HUT Polwan,’’ kata Joynindya.

Bakti sosial tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin bulanan yang dilakukan LC Yogyakarta Manggala Mataram.Merupakan kegiatan wajib dari Lions Club International.

“Semoga donor darah ini dapat membantu saudara-saudara kita di saat pandemi Covid 19 yang memerlukan darah. Terima kasih kepada para donatur yang membantu kegiatan donor darah ini dan terlaksana dengan baik dan lancar.Unity in diversity. We serve,’’ kata Chatarina. (*/iwa)

Jogja Raya