RADAR JOGJA – Berbalut alat pelindung diri (APD), belasan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIJ tetap menggelar upacara peringatan ulang tahun ke – 75 Republik Indonesia di zona dekontaminasi Amongrogo, Senin (17/8). Upacara berlangsung

“Walaupun dengan sederhana, TRC BPBD DIJ tetap melaksanakan upacara kemerdekaan dengan ber-APD lengkap. Kami juga ingin refleksi dan mengenang perjuangan para pahlawan yang telah mendahului dan mempertahankan NKRI,” ungkap komandan upacara Widodo Saputro.

Widodo menjelaskan, peserta upacara wajib menggunakan APD lengkap sebab zona dikontaminasi setiap hari dilewati petugas penanganan Covid-19, sehingga rentan penularan virus Corona. 

Meski dengan suasana berbeda dan panas akibat APD yang kedap udara, pihaknya tetap bangga bisa melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan.

“Ini sambil memberikan pesan semangat kepada petugas penanganan Covid-19 lainnya yang masih berjuang untuk memutus mata rantai pandemi,” ujarnya.

Komandan TRC BPBD DIJ, Wahyu Pristiawan menambahkan, upacara kali ini mengusung tema ‘Indonesia cepat sembuh’. Indonesia diibaratkan masih tergolek lemah akibat pandemi Covid-19 dan tengah berjuang untuk menyelesaikan bermacam persoalan dampak dari pandemi. Wahyu menilai pelaksanaan upacara dengan mengenakan APD lengkap untuk memeberi pesan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi penyebaran Covid-19.

“Pesan yang ingin kami sampaikan, bahwa situasi sekarang tidak bisa dianggap enteng karena kita masih dalam masa pandemi dan berjuang untuk mengatasinya. Sehingga masyarakat harus tetap waspada dan tidak boleh lengah karena Covid-19 tidak berhenti di masa kemerdekaan ini,” tuurnya. (sky/tif)

.

Jogja Raya