RADAR JOGJA – Ada banyak inisiatif warga untuk bisa bantu sesama yang membutuhkan. Lewat aksi canthelan sayur mayur,  warga Gondokusuman bergotong royong saling bantu sesama yang membutuhkan saat pandemi Covid-19.

Inisiator aksi berbagi sayur mayur lewat canthelan sayuran ini Harjono menjelaskan, ini bentuk gotong royong pihaknya membuat tempat canthelan sayuran siap olah yang bisa diambil oleh siapa saja. Canthelan itu tujuannya untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. ”Masih banyak warga yang secara ekonomi terdampak Covid-19,” kata Harjono yang juga merupakan Ketua PAC PDI Perjuangan Gondokusuman, Jogja Minggu (19/7).

Aksi berbagi lewat canthelan sayur ini berjalan baik sejak awal Juni 2020 dengan sumbangan sayuran spontanitas dari warga.  Diawali dengan membuat canthelan atau tempat gantung sayuran di depan rumahnya. Kemudian banyak respons positif, dan ternyata banyak donatur yang rutin berbagi sayuran aneka jenis tiap hari. Termasuk beberapa alumni SMAN 6 Jogjakarta dan mereka yang bekerja di luar kota turut memberikan donasi.

Lokasi canthelan di ruas jalan yang dilewati warga ini tidak jauh dari Pasar Terban dan biasa dilalui oleh warga dari empat RW. Setiap orang yang merasa membutuhkan bisa memgambil sayuran, syaratnya boleh ambil satu paket saja agar bisa berbagi dengan warga yang lain.

”Setiap hari kami bikin paket sebanyak 10 paket mulai dari  8 Juni  rencana sampai akhir Juli 2020 ini. Donasi datang dari teman-teman alumni juga mereka yang kerja di luar kota,  ada yang menyumbang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribuan,” kata Harjono.

Sekretaris Gugus Tugas Lawan Covid-19 DPC PDI Perjuangan Jogjakarta Endro Sulaksono menyatakan upaya menumbuhkan semangat berbagi. Juga semangat saling bantu dan gotong royong sangat baik dilakukan.

”Inisiatif warga membuat canthelan sayuran bisa bantu sesama yang membutuhkan. Semangatnya adalah menolong sesama,” kata Endro Sulaksono yang juga anggota DPRD Kota Jogja dari Fraksi PDI Perjuangan. (ila)

Jogja Raya