RADAR JOGJA – Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Tahun ini peringatan HANI 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual.

Di Jogjakarta, peringatan HANI dihadiri Forkompinda DIJ dan beberapa instansi terkait. Peringatan HANI Jumat (26/6) dilaksanakan secara virtual serta disiarkan secara langsung oleh media elektronik dan live streaming media sosial yang dimiliki oleh BNN dan jajarannya.

”Dalam kegiatan tersebut, Kepala BNN RI juga memberikan penghargaan kepada relawan anti narkoba yang berprestasi. Tahun ini, salah satu relawan dari DIJ berhasil mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji,” ujar  Penyuluh Narkoba BNNP DIJ Elmi Puji Astuti.

Kiprah Reno Candra Sangaji dalam upaya P4GN selama bertahun-tahun memang layak untuk menjadi contoh dan mendapatkan apresiasi.

Pada tahun ini HANI mengangkat Tema ”HIDUP 100%: Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”. Slogan / tagline baru #Hidup100Persen merupakan perubahan citra BNN sebagai garda utama Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba dengan mengubah pola otoritatif menjadi aspiratif dan yang terkesan kaku menjadi fleksibel. Selama ini sudah banyak “larangan” yang tidak terbukti menjadi sebuah larangan. Masyarakat membutuhkan alternatif lain untuk menikmati hidup tidak hanya tanpa narkoba tapi sepenuhnya dengan mulai melakukan ajakan untuk#Hidup100Persen.

Sementara itu, dalam peringatan HANI 2020 BNN bekerja sama dengan Slank akan menggelar Konser Slank #HIDUP100% dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020. Konser akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 pukul 20.00 WIB dan disiarkan langsung oleh Kompas TV. Dalam konser tersebut akan dilakukan juga penggalangan dana untuk didonasikan bagi penanganan dampak Covid-19. Link donasi bisa diakses di https://bit.ly/hidup100persen

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi dan menggelorakan peringatan HANI tahun 2020 dengan mengikuti rangkaian acara dari tempat masing-masing serta melakukan kegiatan positif dalam rangka Indonesia bebas Narkoba. (sce/ila)

Jogja Raya