RADAR JOGJA – Meski jumlah kasus positif korona di DIJ cenderung melandai, kebutuhan alat pelindung diri (APD) tetap tinggi. Bantuan dari Sampoerna dan Yayasan Rumah Salurkan sangat membantu mencukupi APD untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Sampoerna bersama Yayasan Rumah Kita menyalurkan bantuan APD, berupa 7.500 masker kain, 600 baju hazmat, 150 alat pelindung diri, dan 250 face shield ke Pemprov DIJ, Jumat (19/6).

“DIJ merupakan provinsi keempat yang menjadi sasaran kegiatan ini. Sebelumnya kami menyalurkan bantuan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Ketua Yayasan Rumah Kita Adrianus Uran saat dihubungi.

Bantuan diserahkan oleh Kepala Departmen Hubungan Regional Sampoerna Kukuh Dwi Tristanto dan Ketua Yayasan Rumah Kita Adrianus Uran. Bantuan tersebut diterima Asisten Sekda DIJ Bidang Pemberdayaan Masyarakat Umar Priyono, di Bangsal Wiyoto Projo, Kepatihan, Jumat (19/6) .

Umar menyampaikan terima kasih dan salam dari Gubernur DIJ atas bantuan yang diberikan. “Kami yakin apa yang Yayasan Rumah Kita dan PT Sampoerna lakukan ini akan semakin menguatkan teman-teman paramedis,” ucap Umar.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan DIJ itu juga menyebut, Pemprov DIJ masih sangat terbuka menerima bantuan dari berbagai kalangan dalam menangani virus korona. Menurut dia, itu sebagai wujud gotong royong melawan korona. “Ini sebagai bentuk dukungan percepatan penanganan korona di DIJ,” tuturnya.

Andrianus Uran menambahkan, di DIJ dengan jumlah kasus yang tidak terjadi lonjakan, semangatnya lebih pada dukungan supaya penurunan kasus lebih mudah. Menurut Andrianus, bantuan yang disalurkan diutamakan untuk tenaga medis dalam upaya memperkecil peluang tenaga kesehatan tertular pasien Covid-19.

Kenapa sasarannya kepada nakes? Andrianus mengatakan, supaya nakes di rumah sakit rujukan hingga puskesmas terlindungi dari virus korona. Dia menyebut, akan lebih berbahaya jika nakes ikut terpapar korona. Tidak ada yang merawat pasien. “Sebagai antisipasi kami berikan bantuan APD khusus untuk nakes,” katanya. (*/naf/ila)

Jogja Raya