RADAR JOGJA – Mulai hari ini, akan ditempatkan sejumlah petugas mulai Sat Pol PP DIJ dan Kota Jogja, Linmas, TNI/ Polri, Jogoboro, dan aparat yang lain mulai dari kawasan Tugu Jogja sampai Titik Nol Kilometer. Termasuk di Alun-Alun Utara.

Langkah ini sebagai respons terhadap banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan protokol pencegahan Covid-19.

Beberapa hari ini, banyak ditemukan masyarakat yang bersepeda dan bergerombol di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Padahal, status new normal belum diberlakukan. Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIJ memperpanjang masa darurat hingga akhir Juni mendatang. ”Satuan Pol PP Kota Jogja akan mengerahkan 150 personel,’’  jelas Kepala Sat Pol PP Kota Jogja Agus Winarto Selasa (9/6).

Nantinya, jika masih ada masyarakat yang bergerombol di kawasan Malioboro akan diberikan sanksi. Jika ada yang melanggar akan diusir. Sebab dinilai pertaruhannya terlalu berat. “Dikhawatirkan memunculkan klaster baru,” tegas Agus.

Menurutnya, bukan hanya pesepeda, tetapi masyarakat lain harus patuh dan taat dengan protokol kesehatan. Kegiatan pemantauan di kawasan tersebut akan intensif mulai hari ini. Sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Pihaknya akan mengikuti perkembangan. Jika masyarakat patuh dan kesadarannya tinggi, tentu akan dihentikan.

Agus menyebutkan, kawasan tersebut merupakan kawasan wajib masker. Sehingga, para pengunjung, pedagang kaki lima (PKL), pengusaha, dan siapa saja yang ada di kawasan itu untuk tetap disiplin. “Yakni harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tegasnya.
Di sepanjang Malioboro juga sudah disiapkan tempat cuci tangan beserta sabunnya. Diharapkan itu dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik. “Jangan dijadikan pajangan saja,” kata dia.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengindahkan protokol kesehatan. Ini agar klaster yang ada di Kota Jogja maupun di DIJ tidak bertambah. “Saya mohon masyarakat tetap menggunakan masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan baik dan benar,” harapnya. (cr1/din)

Jogja Raya