RADAR JOGJA – Warga RW 05 Blunyahrejo, Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota jogja membuat program Cantelan sebagai bantuan dan pembagian sembako yang digantung di pagar rumah warga. Bagi warga yang membutuhkan sayuran, setiap harinya dapat mengambil tanpa dipungut biaya. Sedangkan pembagian sembako dilaksanakan bertahap. Ketua RW 05 Sunarti menyebutkan, dana bantuan berasal dari donatur warga setempat.

“Tahap pertama terkumpul Rp 15 juta lebih, telah dibelanjakan 210 paket sembako. Pembagian paket sembako tahap pertama dilakukan 7 Mei lalu, sedangkan tahap kedua sebanyak 220 paket sembako,” jelasnya, Senin (8/2).

Menurutnya, sebagai warga negara yang baik harus saling membantu warga yang secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Sehingga tidak bergantung pada bantuan dari pemerintah.

“Kami jalankan program cantelan untuk membantu sayuran dan program pembagian sembako. Pengurus RW bekerja sama dengan PKK,” ujarnya.

Dari lima RT yang ada di RW 05 Blunyahrejo, tiga di antaranya banyak warganya yang terdampak Covid-19 sehingga warga RT lainnya membantu. Diterapkan subsidi silang antarwarga.

“Alhamdulillah masih banyak warga ingin membantu sehingga program ini bisa berjalan terus selama pandemi,” ucapnya.

Penasehat RW Blunyahrejo Sugianto Saputro mengapresiasi program tersebut. Dia menilai program bantuan sosial dalam bentuk seperti ini harus didukung dan terus digulirkan..

“Kami bisa merasakan sulitnya menjadi ketua RT dan ketua RW di masa pandemi. Mereka harus rela meluangkan waktu dan tenaga serta pikiran bahkan dana untuk membantu warga. Kami selaku sesepuh hanya mengucapkan terima kasih atas kerja kerasnya,” ungkapnya. (sky/tif)

Jogja Raya